TY - THES A1 - Kurniawati, Alviana TI - PARTISIPASI ORANG TUA SISWA DI KELAS III C SD NEGERI REJOWINANGUN 1 YOGYAKARTA PB - Fakultas Ilmu Pendidikan AV - restricted ID - UNY62872 Y1 - 2019/02/25/ UR - http://eprints.uny.ac.id/62872/ M1 - skripsi N2 - Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan mengenai partisipasi orang tua siswa di kelas III C SD Negeri Rejowinangun 1. Partisipasi orang tua siswa dilihat dari sisi partisipasi moril, finansial, sarana/prasarana, dan tenaga/keahlian. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Subjek penelitian ini meliputi kepala sekolah, guru kelas, dan orang tua siswa. Objek penelitian yaitu partisipasi orang tua siswa meliputi bentuk-bentuk partisipasi moril, finansial, sarana prasarana dan tenaga/keahlian. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model interaktif Miles & Huberman meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Bentuk-bentuk partisipasi orang tua siswa dalam partisipasi moril meliputi menyumbangkan ide, memonitoring siswa, mendiskusikan permasalahan pendidikan anak dengan guru, dan menghadiri berbagai kegiatan di sekolah. (2) Bentuk-bentuk partisipasi orang tua siswa dalam partisipasi finansial yaitu iuran kas rutin, iuran kegiatan, donatur, dan sponsor. (3) Bentuk-bentuk partisipasi orang tua siswa dalam partisipasi sarana/prasarana yaitu bantuan material pendidikan dan transportasi untuk kegiatan lomba. (4) Bentuk-bentuk partisipasi orang tua siswa dalam partisipasi tenaga/keahlian yakni menjadi pembicara, memberikan pelayanan tertentu bekerja sama dengan mitra lain, dan kontribusi tenaga. (5) Faktor pendorong partisipasi orang tua siswa berupa motivasi dan minat orang tua siswa untuk berpartisipasi dalam pendidikan, adanya keuntungan atau harapan kepuasan dari partisipasi, adanya wadah partisipasi berupa forum paguyuban dan sikap guru, sedangkan faktor penghambatnya berupa kondisi ekonomi, perbedaan jam kerja dan kesibukan orang tua siswa, serta masalah internal antara orang tua siswa terkait keuangan. Kata Kunci: Partisipasi, Orang Tua, Siswa SD ER -