@phdthesis{UNY62863, author = {Fredy Dwi Cahyadi}, month = {February}, year = {2019}, school = {Universitas Negeri Yogyakarta}, title = {PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ANDROID DENGAN PROGRAM CONSTRUCT 2 PADA MATERI PELAJARAN CARA KERJA MOTOR BENSIN 2 LANGKAH DAN 4 LANGKAH UNTUK SISWA SMK NEGERI 2 KLATEN KELAS X}, keywords = {Pengambangan Media dan Kelayakan Media}, url = {http://eprints.uny.ac.id/62863/}, abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Pengembangan media pembelajaran berbasis android dengan Program Construct 2 pada materi pelajaran cara kerja motor bensin 2 langkah dan 4 langkah untuk Siswa SMK Negeri 2 Klaten Kelas X. (2) Kelayakan media pembelajaran berbasis android dengan software Construct 2 sebagai hasil produk pengembangan yang memenuhi persyaratan oleh ahli media. (3) Kelayakan media pembelajaran berbasis android dengan software Construct 2 sebagai hasil produk pengembangan yang memenuhi aspek valid oleh ahli materi (4) Respon siswa SMK Negeri 2 Klaten Kelas X mengenai media pembelajaran berbasis android dengan Program Construct 2 pada kompetensi cara kerja motor bensin 2 langkah dan 4 langkah Jenis Penelitian ini adalah penelitian pengembangan Research And Development (R\&D). Subjek penelitian uji coba yang terlibat adalah satu dosen ahli materi, satu dosen ahli media dan 30 siswa kelas X jurusan Teknik Kendaraaan Ringan SMK Negeri 2 Klaten tahun ajaran 2018/2019. Pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan analisis memproses data pengembangan produk dan melakukan penilaian kelayakan produk oleh dosen ahli. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) Media yang dibuat dengan menggunakan Program Construct 2 memiliki spesifikasi Sistem operasi Android minimal ice cream sandwich (4.0), RAM minimal 225 MB dengan resolusi layar minimal 480 x 800 (2) Sangat layak berdasarkan evaluasi dari ahli media dengan persentase pencapaian 81,05\% (3) Termasuk dalam kategori layak berdasarkan evaluasi dari ahli materi dengan persentase yaitu sebsar 78,46\% (4) Respon siswa terhadap media yang dikembangkan memperoleh persentase pencapaian 86,15\%, yang masuk kategori respon ?positif?.} }