@phdthesis{UNY62853, year = {2019}, school = {Universitas Negeri Yogyakarta}, author = {Muh Hadi Abdul Aziz}, title = {PENGEMBANGAN MOBILE LEARNING GAMIFICATION IN EDUCATION (MEGIE) BERBASIS ANDROIDDI KELAS XI SMK YAPPI WONOSARI}, month = {February}, url = {http://eprints.uny.ac.id/62853/}, keywords = {mobile learning, android, gamification in education, RUP, ISO 25010}, abstract = {Tujuan dari penelitian ini untuk: (1) menghasilkan Mobile Learning Gamification in Education (Megie) berbasis Android sesuai dengan kebutuhan siswa di Kelas XI SMK YAPPI Wonosari; (2) mengetahui tingkat kualitas mobile learning dari aplikasi yang dikembangkan. Metode penelitian ini menggunakan Research and Development (R\&D) yang menggunakan tahapan model pengembangan Rational Unified Process (RUP), yaitu: fase insepsi, fase elaborasi, fase konstruksi, dan fase transisi. Pengujian kualitas menggunakan standar kualitas mobile learning yang berbasis pada subkarakteristik ISO 25010, yaitu: Appropriateness, Fault Tolerance, Recoverability, Time behavior, Ease of use, Authentication \& Confidentiality, Application coexistence, Reusability, Installability dan ditambah dengan uji materi. Hasil pengujian yaitu: (1) Pengujian materi mendapatkan skor 4,5 sehingga masuk pada predikat Sangat Baik. (2) Pengujian Appropriateness mendapatkan skor 100\% sehingga masuk predikat Sangat Layak. (3) Pengujian Fault Tolerance mendapat skor 100\% sehingga masuk pada predikat Sangat Layak. (4) Pengujian Recoverability mendapat skor 100\% sehingga masuk pada predikat Sangat Layak. (5) Pengujian Time Behavior mendapat rata-rata surasi respon sebesar 0,6452 detik sehingga masuk pada predikat Sangat Puas. (6) Pengujian Authentication \& Confidentiality mendapat skor 100\% sehingga masuk pada predikat Sangat Layak. (7) Pengujian Application co-existence pada 10 aplikasi berbeda mendapat skor 100\% sehingga masuk pada predikat Sangat Layak. (8) Pengujian Reusability pada 14 perangkat mendapat skor 100\% sehingga masuk pada predikat Sangat Layak. (9) Pengujian Installability pada 11.634 perangkat mendapat skor 79,44\% sehingga mendapat predikat Layak. Sedangkan, pada (10) pengujian Usability pada 50 siswa mendapat skor 3,89 sehingga mendapat predikat Baik.} }