%T EVALUASI PELAKSANAAN PEMBELAJARAN PRAKTIK TEKNOLOGI MEKANIK DI SMK N 1 SEDAYU %D 2019 %I Universitas Negeri Yogyakarta %X Penelitian berjudul Evaluasi Pelaksanaan Pembelajaran Praktik Teknologi Mekanik di SMK N 1 Sedayu bertujuan untuk mengetahui bagaimana: (1) rencana pelaksanaan pembelajaran praktik Teknologi Mekanik, (2) pelaksanaan pembelajaran praktik Teknologi Mekanik, (3) penilaian pembelajaran praktik Teknologi Mekanik, dan (4) hambatan-hambatan yang dihadapi oleh siswa dalam pembelajaran praktik Teknologi Mekanik. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan metode survei. Populasi mencakup seluruh siswa kelas X dari jurusan teknik pemesinan di SMK N 1 Sedayu yang berjumlah 30 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu purposive sampling, dengan instrumen penelitian berupa wawancara, dokumentasi, angket, dan observasi. Validitas dan reliabilitas instrumen menggunakan expert judgement. Hasil penelitian sebagai berikut: (1) rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) praktik Teknologi Mekanik yang dibuat oleh guru sudah cukup baik sesuai dengan Kurikulum 2013, (2) pelaksanaan pembelajaran praktik Teknologi Mekanik terdiri dari tiga komponen, yaitu: kegiatan awal, kegiatan inti, dan kegiatan akhir. Ketiga komponen tersebut dilaksanakan dengan baik, tetapi kurang sesuai dengan RPP, (3) penilaian pembelajaran praktik Teknologi Mekanik sudah sesuai dengan prinsip-prinsip penilaian pembelajaran seperti objektif, terpadu, transparan, akuntabel, dan edukatif, (4) hambatan yang dialami siswa dalam pembelajaran Praktik Teknologi Mekanik adalah kesiapan, motivasi, sikap belajar, metode mengajar dan waktu belajar di sekolah. %A Afrilia Nur Leinda %K Evaluasi, Pembelajaran Praktik, Teknologi Mekanik %L UNY62851