%L UNY62843 %K PTK, Discovery Learning, keaktifan, hasil belajar, perencanaan , instalasi sistem audio video %A Arvian Reninditya Wibowo %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar peningkatan keaktifan siswa dan hasil belajar mata pelajaran Perencanaan dan Instalasi Sistem Audio Video kelas XI Teknik Audio Video SMK Muhammadiyah 1 bantul dengan metode Discovery Learning. Jenis Penelitian ini yaitu penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Siklus satu terdiri dari tiga pertemuan, sedangkan siklus 2 terdiri dari dua pertemuan. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu, perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI Teknik Audio Video SMK Muhammadiyah 1 Bantul. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi, tes hasil belajar, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan metode pembelajaran Discovery Learning dapat meningkatkan keaktifan siswa dan hasil belajar siswa kelas XI Teknik Audio Video SMK Muhammadiyah 1 Bantul pada mata pelajaran Perencanaan dan Instalasi Sistem Audio Video. Rata-rata persentase keaktifan siswa pada pra-siklus sebesar 35%. Pada siklus I meningkat menjadi 39,61% dan pada siklus II meningkat menjadi 48,72%. Persentase ketuntasan hasil belajar siswa pada pra-siklus sebesar 56,25%. Pada siklus I meningkat menjadi 65,21% dan pada siklus II meningkat menjadi 72,22%. %I Universitas Negeri Yogyakarta %T PENINGKATAN KEAKTIFAN SISWA DAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN PERENCANAAN DAN INSTALASI SISTEM AUDIO VIDEO KELAS XI TEKNIK AUDIO VIDEO DI SMK MUHAMMADIYAH 1 BANTUL DENGAN METODE DISCOVERY LEARNING %D 2019