%I UNY
%D 2018
%T A Case Study of the Vocabulary Learning Strategy Use of 
Forty Undergraduate Indonesian ESP Successful Learners.
%L UNY62828
%K Strategi pembelajaran kosakata; Bahasa Inggris untuk pengajaran dan pembelajaran tujuan tertentu; kemahiran bahasa; pengetahuan kosakata.
%A Bouaoune Djihad
%X Studi kasus ini menginvestigasi strategi pembelajaran kosakata 
menggunakan 40 siswa keperawatan Indonesia yang sukses untuk menjelaskan 
manfaat yang mereka bawa untuk pembelajaran dan pengajaran kosakata ESP. 
Penelitian ini mengadopsi model metode campuran yang terdiri dari dua fase 
pengumpulan data, kuantitatif yaitu kuesioner survei pada strategi pembelajaran 
kosakata menggunakan frekuensi, dan pengumpulan data kualitatif melalui tiga 
teknik elisitasi data, wawancara kelompok fokus, observasi kelas, dan berpikir 
keras protokol. Sampel untuk kuesioner survei adalah 176 mahasiswa 
keperawatan sarjana yang mengambil semester keenam mereka di Stikes Surya 
Global, Yogyakarta. Penggunaan frekuensi strategi pembelajaran kosakata 
dihitung dan sekelompok empat puluh peserta didik berhasil dibandingkan dengan 
empat puluh peserta didik yang tidak berhasil dalam hal strategi pembelajaran 
kosakata menggunakan frekuensi. Sementara itu, peserta bagian kualitatif empat 
puluh mahasiswa keperawatan yang berhasil dipilih dari sampel yang digunakan 
untuk kuesioner survei. 
           
      Pelajar ESP Indonesia dalam studi saat ini menunjukkan preferensi tinggi 
untuk strategi pengaturan metakognitif, tekad, sosial, dan  strategi memori 
daripada strategi metakognitif, kognitif, dan terjemahan. Temuan penelitian ini 
mengungkapkan hubungan yang kuat antara tingkat kemahiran peserta didik dan 
penggunaan strategi pembelajaran kosakata mereka, perbandingan antara 
penggunaan yang berhasil dan kurang berhasil dari strategi menunjukkan bahwa 
ada perbedaan yang signifikan antara kedua kelompok dalam hal pembelajaran 
kosakata strategi menggunakan frekuensi. Temuan penelitian ini juga 
mengungkapkan hubungan erat antara tingkat kemampuan berbahasa, 
pengetahuan kosakata, dan pemilihan strategi pembelajaran kosakata.  
  Untuk secara pedagogik melibatkan temuan yang disebutkan di atas, 
para guru dan dosen ESP (1) harus mengintegrasikan instruksi strategi regulasi 
metakognitif untuk mendukung inisiasi diri siswa dan otonomi dalam mempelajari 
kosakata. (2) desain materi pembelajaran kosakata yang lebih menarik dan latihan 
yang mengintegrasikan beberapa jenis media dalam kaitannya dengan kosakata 
ESP seperti acara TV dan lagu-lagu berbahasa Inggris, (3) mendorong para 
pembelajar untuk membaca lebih banyak artikel dan teks bahasa Inggris online 
dalam kaitannya dengan bidang mereka. spesialisasi dengan meminta judul buku 
dan artikel dan memberikan rumah-woks tentang itu, (4) melatih peserta didik 
untuk menggunakan sebanyak mungkin strategi pembelajaran kosakata dan 
membantu mereka untuk menemukan cara yang efektif dalam menggunakan setiap strategi.