@phdthesis{UNY62793, title = {PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PAPAN PERMAINAN MATERI KEBERAGAMAN BUDAYA BANGSAKU UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN SISWA KELAS IV SD NEGERI MENGURI}, school = {Fakultas Ilmu Pendidikan}, year = {2019}, month = {February}, author = {Zakiyah Astri Sabtika}, url = {http://eprints.uny.ac.id/62793/}, abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui langkah-langkah sistematis dan mengetahui tingkat validitas dan kualitas pengembangan media Papan Permainan Materi Keberagaman Budaya Bangsaku. Penelitian ini termasuk dalam penelitian dan pengembangan (R\&D). Penelitian ini dilakukan dengan langkah-langkah sistematis diantaranya yaitu sebagai berikut: 1) penelitian awal dan pengumpulan informasi, 2) perencanaan, dan 3) pengembangan produk awal, Tempat penelitian adalah SD Negeri Menguri. Subjek uji coba lapangan awal adalah 4 siswa dan subjek uji coba lapangan utama adalah 8 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, angket validasi ahli materi, angket validasi ahli media, angket tanggapan siswa dan angket respon guru. Data hasil penelitian dianalisis dengan teknik analisis kuantitatif dan kualitatif. Hasil pengembangan produk adalah media pembelajaran Papan Permainan Materi Keberagaman Budaya Bangsaku. Tingkat validitas dan kualitas sebuah media ditentukan dari hasil validasi ahli materi yang mendapat skor rata-rata 3,9 dengan kategori ?baik?. Hasil validasi ahli media mendapat skor rata-rata 4,31 dengan kategori ?sangat baik?. Hasil tanggapan siswa berdasarkan uji coba lapangan mendapat skor rata-rata 4,37 yang termasuk dalam kategori ?sangat baik. Hasil respon guru berdasarkan uji coba lapangan mendapat skor rata-rata 4,375 yang termasuk dalam kategori ?sangat baik. Dengan demikian, tingkat validitas dan kualitas media Papan Permainan Materi Keragaman Budaya Bangsaku dapat dikatakan layak digunakan dalam meningkatkan keaktifan siswa di kelas IV SD. Kata kunci: mengembangkan, media papan permainan, keberagaman budaya bangsaku} }