%L UNY62792 %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kultur religius keluarga dan kedisiplinan dalam mengikuti Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPA) di sekolah terhadap religiusitas siswa. Pengaruh yang dimaksud berlaku secara parsial maupun simultan. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode ex-post facto. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas I SD se-Kecamatan Pengasih, Kabupaten Kulon Progo sebanyak 585 siswa dengan sampel penelitian 238 siswa yang diambil secara acak menggunakan perhitungan rumus Slovin. Teknik pengumpulan data kultur religius keluarga, kedisiplinan dalam mengikuti TPA di sekolah, dan religiusitas siswa menggunakan kuesioner. Instrumen penelitian ini diujicobakan kepada 120 siswa. Uji validitas instrumen menggunakan validitas isi dengan teknik expert judgement, sedangkan untuk mencari daya beda menggunakan rumus korelasi product moment. Reliabilitas instrumen menggunakan rumus Alpha Cronbach. Uji prasyarat analisis menggunakan uji normalitas, linearitas, dan multikolinearitas. Analisis data menggunakan teknik uji pengaruh parsial dan regresi ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) kultur religius keluarga secara parsial berpengaruh signifikan terhadap religiusitas siswa; 2) kedisiplinan dalam mengikuti TPA di sekolah secara parsial tidak berpengaruh signifikan terhadap religiusitas siswa; dan 3) kultur religius keluarga dan kedisiplinan dalam mengikuti TPA di sekolah secara simultan berpengaruh signifikan terhadap religiusitas siswa dengan sumbangan sebesar 5,2%. Kata kunci: kultur religius keluarga, kedisiplinan dalam mengikuti TPA di sekolah, religiusitas siswa %A Tampi Prehadini %I Fakultas Ilmu Pendidikan %D 2019 %T PENGARUH KULTUR RELIGIUS KELUARGA DAN KEDISIPLINAN DALAM MENGIKUTI TAMAN PENDIDIKAN AL-QUR’AN (TPA) DI SEKOLAH TERHADAP RELIGIUSITAS SISWA KELAS 1 SEKOLAH DASAR SE-KECAMATAN PENGASIH, KABUPATEN KULON PROGO