TY - THES UR - http://eprints.uny.ac.id/62768/ N2 - Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh informasi mengenai pengaruh bermain peran dilihat dari peningkatan kemampuan kerjasama dan tanggung jawab anak usia 5-6 tahun di TK Kartini Kecamatan Glenmore Kabupaten Banyuwangi. Jenis penelitian ini adalah kuasi eksperimen (quasi experiment) dengan design pretest-postest non equivalent control group design. Penelitian ini menggunakan populasi sebanyak 79 anak dan sampel yang digunakan sebanyak 61 anak yang berada di kelompok B. Penentuan pengambilan sampel menggunakan simple random sampling. Instrumen validitas isi diuji menggunakan formula dari Gregory, dan uji reliabilitas menggunakan rumus cronbach?s alpha. Teknik dan instrumen pengumpulan data menggunakan lembar observasi. Teknik analisis data uji hipotesis yang digunakan adalah uji multivariat dengan taraf ? < 0,05. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh bermain peran dilihat dari perbedaan hasil kemampuan kerjasama dan tanggung jawab anak usia 5-6 tahun yang meningkat pada hasil pretes postest. Hal ini dibuktikan dengan nilai sig. (?) < 0,05 yang berarti ada pengaruh metode bermain peran terhadap kemampuan kerjasama dan tanggung jawab anak usia 5-6 tahun di TK Kartini Kecamatan Glenmore Kabupaten Banyuwangi. M1 - tesis AV - public A1 - Andini, Yuli Tri PB - UNY TI - Pengaruh Bermain Peran Terhadap Kemampuan Kerjasama Dan Tanggung Jawab Anak Usia 5-6 Tahun Di TK Kartini Kecamatan Glenmore Kabupaten Banyuwangi. ID - UNY62768 KW - bermain peran KW - kemampuan kerjasama KW - kemampuan tanggung jawab anak usia 5-6 tahun. Y1 - 2018/08/31/ ER -