<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "Pengembangan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) untuk Meningkatkan Perilaku Prososial Anak Kelompok B."^^ . "Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengembangkan model pembelajaran \r\nkooperatif tipe STAD untuk menigkatkan perilaku prososial anak kelompok B, (2) \r\nmenghasilkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD yang layak untuk anak \r\nkelompok B, dan (3) memperoleh informasi mengenai keefektifan model \r\npembelajaran kooperatif tipe STAD untuk meningkatkan perilaku prososial anak \r\nkelompok B. \r\nPenelitian pengembangan ini mengacu pada langkah-langkah desain \r\npengembangan yang dikembangkan oleh Borg & Gall. Desain pengembangan \r\ntersebut dikelompokkan atas tiga prosedur pengembangan, meliputi: (1) tahap studi \r\npendahuluan, (2) tahap pengembangan model, dan (3) tahap pengujian model. \r\nValidasi produk dilakukan oleh satu ahli materi, sedangkan uji coba dilakukan \r\nmelalui 3 tahap yaitu uji coba lapangan awal pada 5 guru dan 23 anak dari PAUD \r\nAl-Qur’an Karangploso, uji coba lapangan pada 9 guru dan kurang lebih 70 anak \r\ndari TK Muslimat NU, TK Sriwedari, TK Dharma Wanita Persatuan Sengkaling, \r\ndan TK PGRI 2 Wagir, serta uji efektivitas pada 55 anak dari TK ABA 01 \r\nKecamatan Dau, TK & PG Kreatif Primagama, dan RA Al-Azhar Bantur. \r\nInstrumen pengumpulan data yang digunakan adalah angket validasi ahli materi, \r\nangket respon guru, dan lembar observasi perilaku prososial anak. \r\nModel pembelajaran yang selama ini digunakan oleh guru untuk \r\nmeningkatkan perilaku prososial anak tidak direncanakan dengan pasti. Guru hanya \r\nmembiasakan anak dengan nasehat-nasehat verbal. Hal ini menyebabkan anak \r\nkurang meningkat dalam perilaku prososialnya. Oleh karena itu, guru \r\nmembutuhkan suatu model pembelajaran yang dapat meningkatkan perilaku \r\nprososial anak dengan baik. Penelitian pengembangan ini menghasilkan model \r\npembelajaran kooperatif tipe STAD yang dapat digunakan guru sebagai salah satu \r\nalternatif untuk meningkatkan perilaku prososial anak. Hasil skor penilaian \r\nkelayakan materi mendapatkan skor 52 yang berada pada kriteria “Sangat Baik”. \r\nPada hasil uji coba lapangan awal, hasil respon guru terhadap model pembelajaran \r\nkooperatif tipe STAD mendapatkan skor 56,4 yang berada pada kriteria “Baik”, \r\nsedangkan pada uji coba lapangan mendapatkan skor 60 yang berada pada kriteria \r\n“Sangat Baik”. Keefektifan model pembelajaran kooperaif tipe STAD diperoleh \r\nberdasarkan peningkatan perilaku prososial anak antara kelas eksperimen dan kelas \r\nkontrol. Dengan α < 0,05 maka menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang \r\nsignifikan antara perilaku prososial anak pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. \r\nBerdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran \r\nkooperatif tipe STAD efektif meningkatkan perilaku prososial anak kelompok B."^^ . "2018-08-31" . . . "UNY"^^ . . . "Program Pascasarjana, UNY"^^ . . . . . . . . . "Rara Agista"^^ . "Olivantina"^^ . "Rara Agista Olivantina"^^ . . . . . . "Pengembangan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) untuk Meningkatkan Perilaku Prososial Anak Kelompok B. (Text)"^^ . . . "tesis-rara-agista-olivantina-16717251042.swf"^^ . . "HTML Summary of #62759 \n\nPengembangan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) untuk Meningkatkan Perilaku Prososial Anak Kelompok B.\n\n" . "text/html" . . . "Pendidikan Guru PAUD" . .