eprintid: 62758
rev_number: 11
eprint_status: archive
userid: 1290
dir: disk0/00/06/27/58
datestamp: 2019-02-15 03:12:54
lastmod: 2019-05-09 09:12:47
status_changed: 2019-02-15 06:06:13
type: thesis
metadata_visibility: show
creators_name: Widayanti, Melia Dwi
title: Pengembangan Buku Panduan Pembelajaran Metode Proyek untuk Guru Dalam Meningkatkan Kemampuan Kerjasama Anak Usia 5-6 Tahun.
ispublished: pub
subjects: pssd_pgpaud
divisions: pps_paud
full_text_status: public
keywords: kemampuan kerjasama, buku panduan pembelajaran metode proyek
abstract: Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan buku panduan metode proyek 
untuk guru yang layak dan efektif yang dapat digunakan sebagai bahan ajar dalam 
meningkatkan kemampuan kerjasama anak kelompok B (5-6 tahun). 
Jenis penelitian  ini adalah penelitian Research and Development  (R&D). 
Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model ADDIE 
yang mencakup proses analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan 
evaluasi. Validasi dilakukan dengan melibatkan ahli materi dan ahli media. Tahap 
implementasi dilaksanakan di TK Islam Al-Hikmah yang melibatkan 8 guru dan 
91 anak kelompok B. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi 
dan angket dengan menggunakan instrumen penelitian berupa lembar observasi 
dan angket. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah 
analisis kualitatif dan analisis kuantitatif. 
Selama ini guru belum pernah melakukan kegiatan pembelajaran yang 
fokus untuk meningkatkan kemampuan kerjasama anak. Hal ini dikarenakan 
kurangnya  pengetahuan guru mengenai metode yang mampu meningkatkan 
kemampuan kerjasama anak. Oleh karena itu, diperlukan sebuah sarana belajar 
untuk guru yang dapat dimanfaatkan untuk melaksanakan pembelajaran yang 
mampu meningkatkan kemampuan kerjasama.  Hasil penelitian menunjukkan 
bahwa buku panduan pembelajaran yang telah dihasilkan secara keseluruhan 
mendapatkan kategori “Sangat Layak” dari ahli media, ahli materi dan pengguna 
(guru) buku panduan pembelajaran metode proyek untuk usia 5-6 tahun. Hasil uji-
t sampel  berpasangan pada kelas kontrol menunjukkan bahwa tidak terdapat 
peningkatan yang signifikan kemampuan kerjasama anak usia 5-6 tahun, 
sedangkan hasil uji-t sampel berpasangan pada kelas eksperimen menunjukkan 
bahwa terdapat peningkatan yang signifikan kemampuan kerjasama anak usia 5-6 
tahun.  Hasil uji-t sampel independen menunjukkan bahwa  terdapat perbedaan 
kemampuan kerjasama anak usia 5-6 tahun diantara kelas yang menggunakan dan 
tidak menggunakan buku panduan pembelajaran metode proyek dalam 
pembelajaran.  Selain itu, ditemukan adanya peningkatan  kemampuan kerjasama 
sebesar  15,59%  pada kelas yang gurunya menggunakan buku panduan 
pembelajaran metode proyek.
date: 2018-08-31
date_type: published
institution: UNY
department: Program Pascasarjana
thesis_type: tesis
citation:   Widayanti, Melia Dwi  (2018) Pengembangan Buku Panduan Pembelajaran Metode Proyek untuk Guru Dalam Meningkatkan Kemampuan Kerjasama Anak Usia 5-6 Tahun.  S2 thesis, UNY.   
document_url: http://eprints.uny.ac.id/62758/1/tesis-melia-dwi-widayanti-16717251045.swf