%0 Thesis
%9 S2
%A Widayanti, Melia Dwi
%B Program Pascasarjana
%D 2018
%F UNY:62758
%I UNY
%K kemampuan kerjasama, buku panduan pembelajaran metode proyek
%T Pengembangan Buku Panduan Pembelajaran Metode Proyek untuk Guru Dalam Meningkatkan Kemampuan Kerjasama Anak Usia 5-6 Tahun.
%U http://eprints.uny.ac.id/62758/
%X Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan buku panduan metode proyek   untuk guru yang layak dan efektif yang dapat digunakan sebagai bahan ajar dalam   meningkatkan kemampuan kerjasama anak kelompok B (5-6 tahun).   Jenis penelitian  ini adalah penelitian Research and Development  (R&D).   Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model ADDIE   yang mencakup proses analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan   evaluasi. Validasi dilakukan dengan melibatkan ahli materi dan ahli media. Tahap   implementasi dilaksanakan di TK Islam Al-Hikmah yang melibatkan 8 guru dan   91 anak kelompok B. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi   dan angket dengan menggunakan instrumen penelitian berupa lembar observasi   dan angket. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah   analisis kualitatif dan analisis kuantitatif.   Selama ini guru belum pernah melakukan kegiatan pembelajaran yang   fokus untuk meningkatkan kemampuan kerjasama anak. Hal ini dikarenakan   kurangnya  pengetahuan guru mengenai metode yang mampu meningkatkan   kemampuan kerjasama anak. Oleh karena itu, diperlukan sebuah sarana belajar   untuk guru yang dapat dimanfaatkan untuk melaksanakan pembelajaran yang   mampu meningkatkan kemampuan kerjasama.  Hasil penelitian menunjukkan   bahwa buku panduan pembelajaran yang telah dihasilkan secara keseluruhan   mendapatkan kategori “Sangat Layak” dari ahli media, ahli materi dan pengguna   (guru) buku panduan pembelajaran metode proyek untuk usia 5-6 tahun. Hasil uji-  t sampel  berpasangan pada kelas kontrol menunjukkan bahwa tidak terdapat   peningkatan yang signifikan kemampuan kerjasama anak usia 5-6 tahun,   sedangkan hasil uji-t sampel berpasangan pada kelas eksperimen menunjukkan   bahwa terdapat peningkatan yang signifikan kemampuan kerjasama anak usia 5-6   tahun.  Hasil uji-t sampel independen menunjukkan bahwa  terdapat perbedaan   kemampuan kerjasama anak usia 5-6 tahun diantara kelas yang menggunakan dan   tidak menggunakan buku panduan pembelajaran metode proyek dalam   pembelajaran.  Selain itu, ditemukan adanya peningkatan  kemampuan kerjasama   sebesar  15,59%  pada kelas yang gurunya menggunakan buku panduan   pembelajaran metode proyek.