TY - THES UR - http://eprints.uny.ac.id/62745/ M1 - tesis N2 - Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) pengaruh pengasuhan dan keterlibatan ayah dalam proses pendidikan anak usia dini terhadap perkembangan sosial emosional anak; 2) pengaruh pengasuhan terhadap perkembangan sosial emosional anak; 3) pengaruh keterlibatan ayah dalam proses pendidikan anak usia dini terhadap perkembangan sosial emosional anak. Metode penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis penelitian ex-post facto. Penentuan sampel dalam penelitian ini menggunakan sampling purposive, sampelnya adalah 146 ayah dan 146 anak-anak. Data dikumpulkan melalui angket dan lembar observasi: angket untuk mengumpulkan data pengasuhan dan keterlibatan ayah dalam proses pendidikan anak usia dini, sedangkan lembar observasi digunakan untuk mengetahui capaian perkembangan sosial emosional anak. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengasuhan dan keterlibatan ayah dalam proses pendidikan anak usia dini berpengaruh signifikan terhadap perkembangan sosial emosional anak sebesar 0,651. Hasil pengasuhan menunjukkan berpengaruh signifikan terhadap perkembangan sosial emosional anak sebesar 0,643. Dan hasil keterlibatan ayah dalam proses pendidikan anak usia dini berpengaruh signifikan terhadap perkembangan sosial emosional anak sebesar 0,477. A1 - Bili, Dominggus Lero TI - Pengaruh Pengasuhan dan Keterlibatan Ayah dalam Proses PAUD terhadap Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia Dini. PB - UNY AV - public KW - Pengasuhan KW - Keterlibatan Ayah KW - dan Perkembangan Anak ID - UNY62745 Y1 - 2019/08/31/ ER -