%0 Thesis %9 S2 %A Rahmawati, Dian Idha %B Program Pascasarjana %D 2018 %F UNY:62743 %I UNY %K media pembelajaran, pop-up book, pengenalan konsep bilangan, pengenalan pola, klasifikasi %T Pengembangan Media Stimulasi Kognitif Berbasis Pop Up Book Untuk Mengenalkan Konsep Bilangan, Pola, dan Klasifikasi Pada Anak Usia 4-5 Tahun. %U http://eprints.uny.ac.id/62743/ %X Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengembangkan media stimulasi kognitif berbasis pop-up book yang layak dalam mengenalkan konsep bilangan, pola dan klasifikasi pada anak usia 4- 5 tahun, dan (2) mengetahui efektivitas media stimulasi kognitif berbasis pop-up book dalam mengenalkan konsep bilangan, pola dan klasifikasi. Penelitian ini mengadaptasi langkah penelitian DDR (Design Development Reaserch). Tahapan penelitian pengembangan meliputi: (1) analisis, (2) desain, (3) pengembangan, dan (4) evaluasi. Subjek uji coba pada uji skala kecil melibatkan 12 anak, sedangkan pada uji skala lebih luas melibatkan 40 anak usia 4-5 tahun. Teknik dan instrumen pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, lembar validasi, lembar angket respon guru dan anak, dan lembar observasi untuk anak. Teknik pengumpulan data pada uji coba operasional menggunakan one-group pretest-posttest design. Analisis data menggunakan uji prasyarat dan uji paired sample t-test dengan taraf signifikansi 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) media stimulasi kognitif berbasis pop-up book yang dikembangkan layak digunakan berdasarkan penilaian ahli dan hasil uji coba, dan (2) media stimulasi kognitif berbasis pop-up book efektif untuk mengenalkan konsep bilangan, pola, dan klasifikasi pada anak usia 4- 5 tahun. Hal ini dapat dilihat dari hasil perhitungan uji paired sample t-test bahwa nitai signifikansi 0,00 kurang dari 0,05(<0,05), artinya media stimulasi kognitif berbasis pop-up book efektif untuk mengenalkan konsep bilangan, pola, dan klasifikasi pada anak usia 4- 5 tahun.