%0 Thesis %9 S1 %A Zulfahmi, Taris Muhammad %B Fakultas Teknik %D 2019 %F UNY:62713 %I Universitas Negeri Yogyakarta %K Peer Tutoring, PTK, keaktivan siswa, dan hasil belajar %T PENERAPAN METODE TUTOR SEBAYA (PEER TUTORING) UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIVAN DAN HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN MEKANIKA TEKNIK PADA SISWA KELAS X PADA PROGRAM KEAHLIAN BISNIS KONSTRUKSI DAN PROPERTI SMK NEGERI 2 WONOSARI %U http://eprints.uny.ac.id/62713/ %X Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktivan siswa dan hasil belajar siswa kelas X TS dengan menerapkan metode pembelajaran Tutor Sebaya pada mata pelajaran Mekanik Teknik. Materi pokok yang diambil adalah cara menyusun dan menghitung gaya dalam struktur bangunan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK), dengan metode pembelajaran yang diterapkan adalah metode Tutor Sebaya (Peer Tutoring). Desain penelitian yang digunakan adalah model Kemmis dan Mc. Taggart. Tahapan penelitian yang dilakukan (1) Perencanaan, (2) Tindakan, (3) Observasi, dan (4) Refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas X pada mata pelajaran Mekanika Teknik di program keahlian Bisnis Konstruksi dan Properti (BKP) SMK Negeri 2 Wonosari yang berjumlah sebanyak 32 siswa. Instrumen penelitian berupa lembar observasi keaktifan siswa dan tes individu siswa. Hasil penelitian tindakan kelas menunjukan bahwa, (1) Penerapan metode Tutor Sebaya pada mata pelajaran Mekanika Teknik kelas X dapat meningkatkan keaktivan siswa. Persentase keaktivan siswa mulai pra siklus sebelum diterapkannya metode Tutor Sebaya, siklus I sampai siklus II meningkat dari 47,54% menjadi 67,41%, kemudian pada tahap siklus II menjadi 82%, (2) Peningkatan persentase ketuntasan siswa pada pra siklus sebesar 28,125% menjadi 68,75% pada siklus I, kemudian pada siklus II menjadi 84,37%.