TY - THES UR - http://eprints.uny.ac.id/62705/ KW - Media Pembelajaran KW - CVT KW - Teknik Kendaraan Ringan Y1 - 2019/01/18/ A1 - Pujiyanto, Achmad PB - Universitas Negeri Yogyakarta ID - UNY62705 M1 - skripsi AV - public TI - PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF CONTINUOUSLY VARIABLE TRANSMISSION PADA MATA PELAJARAN MEMELIHARA TRANSMISI BIDANG KEAHLIAN TEKNIK KENDARAAN RINGAN SMK NASIONAL BERBAH YOGYAKARTA N2 - Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang memiliki tujuan: (1) mengembangkan media pembelajaran interaktif materi CVT berbasis Flash untuk pembelajaran di SMK;(2) mengetahui tingkat kelayakan media pembelajaran interaktif CVT berbasis flash untuk pembelajaran di SMK;(3) mengetahui efektivitas penggunaan produk media pembelajaran interaktif CVT berbasis flash terhadap peningkatan hasil belajar siswa di SMK. Model pengembangan media pembelajaran terdiri dari 6 tahapan yaitu (1) identifikasi masalah; (2) pengumpulan informasi; (3) desain produk; (4) validasi desain; (5) uji coba produk; (6) evaluasi. Identifikasi dan pengumpulan informasi dilakukan dengan wawancara, observasi dan angket sedangkan pengujian kelayakan media pembelajaran interaktif untuk validasi desain dilakukan oleh 2 orang ahli materi dan satu orang ahli media, selanjutnya pada uji coba produk di uji cobakan kepada dua puluh siswa kelas XI Teknik Kendaraan Ringan di SMK Nasional Berbah, setelah pengujian selesai dilakukan evaluasi untuk dilakukan perbaikan /revisi produk. Hasil penelitian adalah berupa media pembelajaran interaktif CVT flash dengan persentase kelayakan: (1) Pada tahap validasi desain, hasil penilaian kelayakan media pembelajaran interaktif ahli materi 76 % dengan kategori layak dan hasil penilaian ahli media 94 % berkategori sangat layak, sedangkan pada uji coba produk oleh siswa kelas XI TKR SMK Nasional Berbah, nilai persentase kelayakan aspek materi 76 % dan aspek media 75.59 % dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran CVT masuk kategori layak.(2) terdapat peningkatan rata-rata hasil belajar sebesar 14.89 % dari sebelum menggunakan dan setelah menggunakan media. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran interaktif CVT berbasis flash layak dan efektif digunakan dalam proses belajar mengajar karena mampu meningkat hasil belajar siswa yang menggunakannya. ER -