%T PENGARUH SARANA LABORATORIUM GAMBAR DAN PERAN GURU PRODUKTIF SEBAGAI MOTIVATOR TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS X DAN XI DESAIN PEMODELAN DAN INFORMASI BANGUNAN DI SMK MUHAMMADIYAH PAKEM %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1)tingkat kelengkapan sarana laboratorium gambar; (2) seberapa tinggi peran guru produktif sebagai motivator; (3) seberapa tinggi motivasi belajar siswa ; (4) pengaruh sarana laboratorium gambar terhadap motivasi belajar siswa; (5) pengaruh peran guru produktif sebagai motivator terhadap motivasi belajar siswa; (6) pengaruh sarana laboratorium gambar dan peran guru produktif sebagai motivator secara bersamasama terhadap motivasi belajar siswa Kelas X dan XI Desain Pemodelan dan Informasi Bangunan di SMK Muhammadiyah Pakem. Populasi penelitian adalah siswa kelas X dan XI Desain Pemodelan dan Informasi Bangunan di SMK Muhammadiyah Pakem sebanyak 46 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik proportionate random sampling dan didapatkan sampel sebanyak 41 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan angket. Analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif dan pengujian hipotesis menggunakan analisis regresi ganda. Hasil penelitian ini adalah: (1) sarana laboratorium gambar termasuk dalam kategori tinggi dengan presentase modus sebesar 65,8% atau dengan capaian 77,37 dalam skala 100; (2) tingkat peran guru produktif termasuk dalam kategori tinggi dengan nilai presentase modus sebesar 70,8% atau dengan capaian 79,26 dalam skala 100; (3) motivasi belajar siswa dalam kategori tinggi dengan nilai presentase modus sebesar 73,1% atau dengan capaian 82,47 dalam skala 100; (4) sarana laboratorium gambar memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap motivasi belajar dengan t hitung>t tabel (5,789 >2,021), sumbangan efektif 26,8%; (5) peran guru produktif memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap motivasi belajar siswa dengan t hitung>t tabel (7,083>2,021), sumbangan efektif 40,7%; (6) sarana laboratorium gambar dan peran guru produktif memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap motivasi belajar siswa kelas X dan XI DPIB di SMK Muhammadiyah Pakem dengan R square 67,5%, nilai Fhitung>Ftabel (39,375 > 3,24), nilai probabilitas 0,00. %I Universitas Negeri Yogyakarta %A - Farida %K sarana laboratorium gambar, motivasi belajar, peran guru produktif %L UNY62671 %D 2019