TY - THES M1 - skripsi AV - public TI - IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK PADA MATA PELAJARAN PRODUK KREATIF DAN KEWIRAUSAHAAN DI SMK SE-DIY N2 - Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tingkat implementasi pembelajaran berbasis proyek pada mata pelajaran produk kreatif dan kewirausahaan di SMK se-DIY dan mengetahui faktor penghambat terlaksananya pembelajaran berbasis proyek pada mata pelajaran produk kreatif dan kewirausaan. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Sumber data penelitian ini adalah guru mata pelajaran Produk Kreatif dan Kewirausaahn di SMK Se-DIY. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode angket dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat implementasi pembelajaran berbasis proyek pada mata pelajaran produk kreatif dan kewirausahaan di SMK se-DIY termasuk ke dalam kategori ?sudah mengimplementasikan? dengan tingkat ketercapaian sebesar 89,7 %, kemudian tingkat ketercapaian implementasi masing-masing sekolah dari terbesar hingga terkecil yaitu, (1) SMK N 2 Wonosari dengan tingkat ketercapaian implementasi 100%, (2) SMK N 2 Yogyakarta dengan tingkat ketercapaian implementasi 97,5%, (3) SMK N 2 Pengasih dengan tingkat ketercapaian implementasi 97,5%, (4) SMK N 1 Sedayu dengan tingkat ketercapaian implementasi 90,8%, (5) SMK N 1 Seyegan dengan tingkat ketercapaian implementasi 77,5%, dan (6) SMK N 3 Yogyakarta dengan tingkat ketercapaian implementasi 75,0%. Faktor penghambat yang dialami guru dalam mengimplementasikan pembelajaran berbasis proyek pada mata pelajaran produk kreatif dan kewirausahaan yang paling dominan adalah tidak tersedianya kelengkapan buku/modul dan media cetak lainnya. Y1 - 2019/01/24/ UR - http://eprints.uny.ac.id/62649/ KW - implementasi KW - pembelajaran berbasis proyek ID - UNY62649 A1 - Hidayah, Ermalia Nur PB - Universitas Negeri Yogyakarta ER -