TY - THES ID - UNY62643 KW - PTK KW - Problem Solving KW - Kemandirian KW - Prestasi Belajar KW - Dasar Desain Grafis Y1 - 2019/01/24/ AV - public PB - Universitas Negeri Yogyakarta TI - PENERAPAN METODE PROBLEM SOLVING UNTUK MENINGKATKAN KEMANDIRIAN DAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN DASAR DESAIN GRAFIS KELAS X MM 1 DI SMK MUHAMMADIYAH WONOSARI A1 - Vawas, Abid Abdurrohman M1 - skripsi N2 - Penelitian bertujuan meningkatkan Kemandirian dan Prestasi Belajar Mata Pelajaran Dasar Desain Grafis Kelas X MM 1 SMK Muhammadiyah Wonosari melalui Penerapan Model Pembelajaran Problem Solving. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam dua siklus, dengan menggunakan prosedur model Kemmis dan Mc Taggart yaitu penelitian tindakan yang dilakukan pada empat tahap kegiatan dalam satu siklus yaitu: perencanaan (Plan) ? tindakan (action) ? observasi (Observe) ? evaluasi atau refleksi (Reflect). Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan lembar observasi dan tes tertulis. Subyek pada penelitian ini adalah siswa kelas X MM 1 SMK Muhammadiyah Wonosari yang berjumlah 26 orang. Analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan persentase yang dilakukan untuk mendeskripsikan data kualitatif yang diperoleh. Berdasarkan hasil penelitian, penerapan metode pembelajaran Problem Solving dapat meningkatkan kemandirian dan prestasi belajar siswa. Rata-rata Peningkatan kemandirian belajar siswa adalah sebesar 54.5% pada siklus I dan 62.7 % pada siklus II. Sedangkan prosentase prestasi belajar siswa pada pra-siklus adalah sebesar 44,4%, kemudian pada di siklus I naik menjadi 57,6%, dan 73% di siklus II. UR - http://eprints.uny.ac.id/62643/ ER -