%L UNY62630
%D 2019
%I Universitas Negeri Yogyakarta
%K Media Pembelajaran, Pemrograman PLC, Sistem Kontrol Terprogram, Mini Drilling Station
%X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) unjuk kerja mini drilling
station sebagai media pembelajaran sistem kontrol terprogram di SMK; (2) tingkat
kelayakan mini drilling station sebagai media pembelajaran sistem kontrol
terprogram di SMK; (3) pencapaian hasil belajar siswa dengan mini drilling station
sebagai media pembelajaran sistem kontrol terprogram di SMK.
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan model
pengembangan ADDIE untuk materi dan model pengembangan 4D untuk media.
Subyek penelitian ini adalah siswa kelas XII Teknik Otomasi Industri sebanyak 16
orang. Instrumen penelitian digunakan adalah angket dan tes. Validitas angket diuji
dengan expert judgement, validitas tes diuji dengan korelasi product moment.
Reliabilitas angket diuji dengan rumus Aiken, diperoleh nilai V 0,84 untuk ahli
materi, nilai V 0,85 untuk ahli media, dan nilai V 0,76 untuk respon pengguna. Nilai
Alpha Cronbach untuk tes diperoleh nilai 0,867. Teknik analisis data dilakukan
dengan analisis deskriptif.
Hasil penelitian dapat diketahui bahwa: (1) unjuk kerja media pembelajaran
mini drilling station mendpatkan hasil yang baik, (2) kelayakan ahli materi
medapatkan skor rerata 67 kategori “Sangat Layak”, ahli media mendapatkan skor
rerata 85,5 kategori “Sangat Layak”, respon siswa mendapatkan skor rerata 78,13
kategori “Sangat Baik”, (3) peningkatan pencapaian hasil belajar siswa pada
pembelajaran Sistem Kontrol Terprogram kompetensi pemrograman PLC terlihat
dari peningkatan jumlah siswa yang memenuhi KKM dari 25% menjadi75%, dan
dari uji U Mann Whitney didapatkan nilai signifikansi 0,000 lebih kecil dari 0,05.
%A Haris Erdyanto
%T PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN SISTEM KONTROL TERPROGRAM MINI DRILLING STATION DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN