TY - THES A1 - Sasongko, Setyo Ari PB - Universitas Negeri Yogyakarta N2 - Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi serta interaksi siswa dan guru bidang keahlian teknik elektronika di SMK Wilayah Kodya Yogyakarta terhadap buku sekolah elektronik. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif yaitu penelitian yang memberikan gambaran atau uraian suatu keadaan sejelas mungkin tanpa ada perlakuan terhadap obyek yang diteliti. Metode penelitian yang digunakan adalah metode analisis deskriptif. Subyek penelitian adalah siswa dan guru bidang keahlian teknik elektronika di SMK Wilayah Kodya Yogyakarta yaitu SMK N 3 Yogyakarta, SMK N 2 Yogyakarta, SMK PIRI 1 Yogyakarta, SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta, serta SMK Marsudi luhur 2 Yogyakarta. Dari lima sekolah tersebut ditentukan sampel sebanyak 260 orang siswa bidang keahlian teknik Elektronika dan guru produktif sebanyak 40 orang. Pengumpulan data menggunakan angket. Uji validitas instrumen dilakukan secara logis yaitu dengan jalan mengkonsultasikan butir-butir instrumen kepada para ahli dan secara empiris yaitu dianalisis dengan menggunakan rumus korelasi product moment dari Karl Pearson. Uji realiabilitas instrumen dihitung dengan rumus koefisien Alpha dari Cronbach yaitu menggunakan bantuan komputer program SPSS for windows versi 16.0. Teknik analisis data menggunakan teknik deskriptif kuantitatif dengan penyajian data melalui tabel, grafik, dan perhitungan frekuensi dan skor. Hasil penelitian menunjukan bahwa data persepsi siswa dan guru bidang keahlian teknik elektronika di SMK Wilayah Kodya Yogyakarta terhadap keberadaan BSE yang ditinjau dari tiga aspek berada pada kecenderungan kategori Sangat Baik, yakni aspek pengetahuan BSE jumlah frekuensi 105 siswa dan 19 guru, aspek sarana prasarana sekolah jumlah frekuensi 110 siswa dan 29 guru, aspek sosialisasi BSE jumlah frekuensi 90 siswa dan 20 guru. Pada interaksi siswa dan guru terhadap keberadaan BSE ditinjau dari dua aspek berada juga menunjukkan pada kecenderungan kategori Sangat Baik, yakni aspek kemampuan menguasai IT jumlah frekuensi 166 siswa dan 31 guru, aspek pemanfaatan BSE jumlah frekuensi 121 siswa dan 26 guru. Y1 - 2010/// UR - http://eprints.uny.ac.id/6262/ M1 - skripsi ID - UNY6262 AV - public TI - PERSEPSI SISWA DAN GURU BIDANG KEAHLIAN TEKNIK ELEKTRONIKA DI SMK WILAYAH KODYA YOGYAKARTA TERHADAP KEBERADAAN BUKU SEKOLAH ELEKTRONIK ( E-Book ) ER -