%0 Thesis %9 S1 %A Hakim, M. Luthfi %B Fakutas Teknik UNY %D 2019 %F UNY:62585 %I Universitas Negeri Yogyakarta %K modul pembelajaran, topologi jaringan %T PENGEMBANGAN MODUL TOPOLOGI JARINGAN KOMPUTER UNTUK SISWA KELAS X MULTIMEDIA DI SMK PIRI 3 YOGYAKARTA %U http://eprints.uny.ac.id/62585/ %X Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengembangkan media pembelajaran berupa modul topologi jaringan sehingga dapat mengatasi permasalahan kekurangan sumber belajar berupa modul di SMK Piri 3 Yogyakarta. (2) Mengetahui tingkat kelayakan modul untuk dapat diterapkan pada proses pembelajaran dan dapat menumbuhkan minat belajar peserta didik. Penelitian ini menggunakan pendekatan Research and Development (R&D) dengan menggunakan model pengembangan 4-D yang terdiri dari 4 tahap, yaitu define, design, develop, dan disseminate. Akan tetapi, penelitian ini dibatasi sampai dengan tahap develop karena modul digunakan untuk lingkup satu sekolah saja. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X Program Keahlian Multimedia SMK Piri 3 Yogyakarta. Objek yang diteliti pada penelitian ini adalah modul pembelajaran topologi jaringan. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa angket atau kuesioner dan analisis data yang digunakan adalah analisis data deskriptif. Hasil penelitian ini adalah: (1) produk berupa modul pembelajaran topologi jaringan untuk siswa kelas X Program Keahlian Multimedia SMK Piri 3 Yogyakarta. Modul yang dikembangkan berisi 3 subbab topologi jaringan, yaitu tipe dan jenis jaringan komputer, topologi jaringan, dan media jaringan komputer. Modul ini juga dilengkapi dengan eveluasi berupa soal pilihan ganda dan essay untuk menguji penguasaan materi siswa. Selain itu, modul ini juga berisi petunjuk penggunaan modul, kunci jawaban, indeks, dan glossary. (2) Penelitian ini menghasilkan tingkat kelayakan modul pembelajaran pada aspek ketertarikan memperoleh skor sebesar 3,643 dengan nilai maksimal 4.0 dengan kategori sangat layak, sehingga dapat disimpulkan bahwa modul pembelajaran ini layak untuk digunakan sebagai media pembelajaran bagi peserta didik di SMK Piri 3 Yogyakarta.