%D 2019
%X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) deskripsi tingkat kualitas
kerjasama siswa dalam mata pelajaran praktik furniture, dan (2) deskripsi faktorfaktor
yang mempengaruhi kualitas kerjasama siswa dalam proses pembelajaran
praktik furniture.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif yang bersifat
eksploratif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa Kelas XII Teknik
Furniture SMK Pangudi Luhur Muntilan. Teknik sampling yang digunakan dalam
penelitian ini adalah sampling jenuh dengan jumlah sampel sebanyak 30 siswa.
Instrumen penelitian berupa kuesioner, observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kuantitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) tingkat kualitas kerjasama siswa
Kelas XII Teknik Furniture SMK Pangudi Luhur Muntilan cenderung tinggi,
dengan nilai kecenderungan sebesar 56,67%; (2) hasil pengolahan menggunakan
analisis data dari kuesioner diperoleh tiga indikator yang berpengaruh yaitu:
tanggung jawab sebesar 23,50%; tujuan yang sama sebesar 20,46%; dan saling
membantu sebesar 15,12%; hasil pengolahan menggunakan analisis data dari
wawancara diperoleh diperoleh tiga indikator yang berpengaruh yaitu: tanggung
tanggung jawab sebesar 86,11%; toleransi sebesar 83,33%; saling membantu
sebesar 83,33%; dan hasil pengolahan menggunakan analisis data dari observasi
diperoleh tiga indikator yang berpengaruh yaitu: tanggung yaitu toleransi sebesar
91,67%; saling pengertian sebesar 83,33%; dan saling membantu sebesar 75%.
Faktor-faktor yang mempengaruhi kualitas kerjasama siswa kelas XII Teknik
Furniture SMK Pangudi Luhur Muntilan yaitu tanggung jawab, toleransi, saling
membantu, dan saling pengertian.
%L UNY62546
%K kualitas kerjasama, praktik furniture, SMK Pangudi Luhur Muntilan
%I Universitas Negeri Yogyakarta
%T KUALITAS KERJASAMA SISWA DALAM MATA PELAJARAN
PRAKTIK FURNITURE SMK PANGUDI LUHUR MUNTILAN
%A Harumnissa Widya Safitri