TY - THES N2 - Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan informasi terkait pelaksanaan tahap pembiasaan pada program Gerakan Literasi Sekolah di Sekolah Dasar Negeri Jlaban, Kecamatan, Sentolo, Kabupaten Kulon Progo. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subyek penelitian adalah Guru Kelas I - VI, Kepala Sekolah dan siswa kelas I-VI. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Teknik analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan Gerakan Literasi Sekolah Tahap Pembiasaan di SDN Jlaban perlu dievaluasi. Evaluasi diperlukan karena pelaksanaan tahap pembiasaan di kelas belum berjalan terstruktur dan terprogram dengan baik, dan sarana prasarana yang perlu ditinjau efektivitasnya untuk menumbuhkan karakter gemar membaca pada siswa. Kegiatan literasi di kelas juga perlu adanya pelibatan publik yang terencana dengan baik. Kata kunci: Gerakan Literasi Sekolah, Tahap Pembiasaan, SDN Jlaban. Y1 - 2019/01/28/ A1 - Azzahroh, Dewi Maryam PB - Fakultas Ilmu Pendidikan TI - PELAKSANAAN PROGRAM GERAKAN LITERASI SEKOLAH TAHAP PEMBIASAAN DI SDN JLABAN AV - restricted M1 - skripsi ID - UNY62526 UR - http://eprints.uny.ac.id/62526/ ER -