%A Antonius Bayu Bimantara %D 2019 %X Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar IPS siswa kelas IV SD N 1 Lempuyangan Danurejan Yogyakarta menggunakan pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT). Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang menggunakan model Kemmis&Mc Taggart. Penelitian ini dilaksanakan di Sekolah Dasar Negeri 1 Lempuyangan Danurejan, Yogyakarta. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SDN 1 Lempuyangan yang berjumlah 28 siswa terdiri dari 21 siswa laki-laki dan 7 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan observasi. Instrumen penelitian adalah soal tes dan lembar observasi. Data penelitian ini dianalisis secara deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dengan menerapkan model Cooperative Learning dengan tipe Teams Games Tournament (TGT) yang memfokuskan pada keterlibatan siswa dapat meningkatkan prestasi belajar IPS siswa kelas IV SD Negeri 1 Lempuyangan Danurejan, Yogyakarta. Berdasarkan tes pada siklus I setelah menggunakan metode Teams Games Tournament (TGT) nilai rata-rata meningkat dari 47,14 menjadi 70,36 dengan ketuntasan belajar juga meningkat dari 21% menjadi 64%. Pada siklus II, dengan adanya perbaikan pada siklus I, diperoleh nilai rata-rata 80 dengan ketuntasan belajar juga meningkat dari 64% menjadi 82%. Peningkatan maksimal pada penelitian ini dikarenakan adanya perbaikan pada langkah penyajian kelas, pembagian kelompok dan pelaksanaan games yang dilakukan oleh peneliti. Kata kunci: cooperative learning, prestasi belajar IPS %T UPAYA PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR IPS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) PADA SISWA KELAS IV SD N 1 LEMPUYANGAN TAHUN AJARAN 2017/2018 %L UNY62525 %I Fakultas Ilmu Pendidikan