TY - THES TI - IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN PENJAS DI SEKOLAH INKLUSI AV - public KW - Purposive Sampling KW - pembelajaran KW - pembelajaran penjas inklusif ID - UNY62508 M1 - skripsi UR - http://eprints.uny.ac.id/62508/ Y1 - 2019/// N2 - Dalam konteks pendidikan inklusif, pelayanan pendidikan jasmani diberikan kepada semua anak dengan karakteristik yang berbeda-beda termasuk Anak Berkebutuhan Khusus. Oleh karena itu, pembelajaran pendidikan jasmani menjadi lebih kompleks bagi guru dalam mengupayakan kebutuhan siswanya. Salah satu kendala dalam pendidikan inklusi yaitu minimnya pengetahuan guru tentang cara memperlakukan ABK. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui proses pembelajaran inklusif selama ini oleh guru penjas. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan karakteristik Purposive Sampling. Partisipan penelitian adalah 18 guru pendidikan jasmani yang mengajar di sekolah inklusi di Yogyakarta. Data dikumpul dengan teknik wawancara mendalam dengan jenis wawancara yang akan digunakan adalah jenis wawancara terstruktur. Hasil wawancara direkam dengan alat perekam digital dan ditranskrip untuk keperluan analisis. peneliti menggunakan analisis tematik untuk menghasilkan suatu penemuan yang berdasarkan pada tema.Instrumen penelitian adalah peneliti itu sendiri akan tetapi dalam menjadi instrumen peneliti menggunakan protokol wawancara sebagai alat bantu. Hasil Penelitian menyajikan deskripsi tekstural pengalaman guru penjas dalam melakukan pembelajaran inklusi. Di dalam penelitian ini diketahui bahwa pemahaman inklusi, perencanaan pembelajaran dan metode sudah sesuai dengan hakikat pendidikan inklusi, akan tetapi dalam pelaksanaannya metode yang digunakan masih kurang tepat dan berdampak kepada siswa itu sendiri. PB - Fakultas Ilmu Keolahragaan A1 - Nugraheni, Sevi Dwi ER -