TY - THES N1 - Dosen Pembimbing: Dr. Guntur, M.Pd. N2 - Penelitian ini bertujuan mengetahui seberapa tingkat pemahaman guru penjas SD terhadap Penilaian ranah afektif melalui observasi di SD Negeri se Kapanewon Wates Kabupaten Kulonprogo. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif yang menggunakan metode survei, serta mempergunakan tes benar salah sebagai instrumennya. Yang menja di subjek penelitian adalah seluruh guru penjas SD Negeri se Kapanewon Wates Kabupaten Kulonprogo sejumlah 27 orang guru. Tes tersusun dari beberapa pernyataan benar dan salah sejumlah 29. Penelitian ini mempergunakan teknik analisis deskriptif yang kemudian akan dirubah bentuk menjadi sebuah persentase. Penilaian skor akan didasarkan pada 5 kategori yaitu kategori sangat rendah, rendah, cukup, tinggi dan sangat tinggi. Hasil penelitian menunjukan bahwa tingkat pemahan guru pendidikan Jasmani SD terh adap penilaian ranah afektif melalui observasi SD Negeri se Kapanewon Wates Kabupaten Kulonprogo secara rinci yaitu, ada 8 orang (29,63%) yang mempuyai pemahaman sangat tinggi, sebanyak 14 orang (52,85%) memiliki pemahaman yang tinggi, sebanyak 5 orang (18 ,52%) memiliki pemahaman yang cukup, dan tidak ada orang (0%) mempunyai pemahaman rendah maupun yang memiliki pemahaman yang sangat rendah. Frekuensi paling banyak terletak pada kategori tinggi, sehingga dari fakta tersebut dapat kita maknai bahwa tingkat pemahaman guru penjas SD terhadap penilaian afektif melalui observasi di Sekolah Dasar Negeri se Kapanewon Wates Kabupaten Kulon Progo adalah tinggi, namun perlu ditingkatkan lagi. Y1 - 2021/02/08/ A1 - Alifianton, Idwar PB - Fakultas Ilmu Keolahragaan ID - UNY62490 KW - pendidikan jasmani M1 - skripsi TI - TINGKAT PEMAHAMAN GURU PENJAS SD TERHADAP PENILAIAN AFEKTIF PESERTA DIDIK MELALUI OBSERVASI DI SD NEGERI SE-KAPANEWON WATES AV - public UR - http://eprints.uny.ac.id/62490/ ER -