%0 Thesis %9 S2 %A Arista, Dea Mega %B Program Pascasarjana %D 2018 %F UNY:62450 %I UNY %T Penggunaan Teknik Assertive Training dalam Meningkatkan Kepercayaan Diri pada Siswa Kelas VIII B SMP Muhammadiyah Pakem Tahun Ajaran 2017/2018 %U http://eprints.uny.ac.id/62450/ %X Penelitian ini dilatarbelakangi oleh problem rendahnya kepercayaan diri. Tujuan penelitian ini adalah peningkatan kepercayaan diri dengan teknik assertive training. Desain penelitian yaitu penelitian tindakan kelas (action research) pada subjek siswa SMP Muhammadiyah Pakem. Metode pemilihan/penentuan subjek dengan purposive sampling. Alat pengumpulan data berupa skala kepercayaan diri. Reliabilitas skala yaitu 0,865. Analisis data menggunakan Uji Wilcoxon Signed Ranks Test. Hasil penelitian menunjukan bahwa : (1) Kondisi awal kepercayaan diri siswa kelas VIII B SMP Muhammadiyah Pakem secara individu tergolong rendah. Kondisi ini dibuktikan dari hasil pre-test dengan skor rata-rata kepercayaan diri siswa cenderung rendah. (2) Penelitian ini menggunakan pelatihan asertif yang meliputi delapan langkah yaitu: rasional strategi, identifikasi masalah, membedakan perilaku asertif dan tidak, role playing, melaksanakan latihan dan praktik, mengulang latihan, tugas rumah dan tindak lanjut, dan terminasi yang menyebabkan tingkat kepercayaan diri siswa kelas VIII B SMP Muhammadiyah Pakem meningkat. Hasil Uji Wilcoxon Signed Ranks Test menunjukkan bahwa Z hitung sebesar –2,032 dan sig sebesar 0,042. Hal ini menunjukkan bahwa nilai sig 0,042 lebih kecil dari 0,05 (dengan taraf kesalahan 5%), maka dapat disimpulkan Ha dapat diterima yakni ada perbedaan antara kepercayaan diri siswa SMP Muhammadiyah Pakem sebelum tindakan dan setelah diberikan tindakan dengan teknik assertive training. Keywords:assertive training, kepercayaan diri.