%0 Thesis %9 S2 %A Nurwendah, Wenty %B Program Pascasarjana %D 2018 %F UNY:62449 %I UNY %K belajar, biologi, prestasi, self efficacy, self-motivation %T Hubungan Self-Motivation dan Self Efficacy dengan Prestasi Belajar Biologi Pada Siswa Kelas XI SMA Negeri Kota Yogyakarta. %U http://eprints.uny.ac.id/62449/ %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) hubungan antara self- motivation dengan prestasi belajar biologi; (2) hubungan antara self efficacy dengan prestasi belajar biologi; (3) hubungan antara self-motivation dan self efficacy pada siswa; (4) hubungan self motivation dan self efficacy dengan prestasi belajar biologi. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif yang menggunakan desain penelitian korelasional. Metode yang digunakan adalah metode survei dengan menggunakan kuesioner sebagai alat untuk mengumpulkan data. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA Sekolah Menengah Atas Negeri di kota Yogyakarta. Penarikan sampel siswa dilakukan dengan teknik stratified sampling. Teknik analisis data yang digunakan mencakup uji korelasi Pearson, uji korelasi berganda. Kriteria keputusan diambil pada taraf sigifikansi 0,05. Selain uji hipotesis, analisis data melibatkan analisis ststistika deskriptif. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) Ada hubungan yang positif antara self-motivation dengan prestasi belajar biologi; (2) Ada hubungan yang positif antara self efficacy dengan prestasi belajar biologi; (3) Ada hubungan yang positif antara self-motivation dan self efficacy pada siswa; (4) Ada hubungan yang positif self motivation dan self efficacy dengan prestasi belajar biologi.