@phdthesis{UNY62431,
           title = {Pembelajaran Taksu dalam Tari Pendet di Sanggar Tari Bali  Saraswati Yogyakarta.},
          school = {UNY},
          author = {Ni Luh Putu Wiardani Astuti},
            year = {2018},
           month = {December},
             url = {http://eprints.uny.ac.id/62431/},
        abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui  (1)  proses pembelajaran tari 
Pendet, (2) nilai-nilai taksu dan (3) hasil ujian pementasan lokal tari Pendet dengan 
pembelajaran nilai taksu di Sanggar tari Bali Saraswati Yogyakarta. 
  Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan 
etnografi yang dikemukakan oleh Spardley. Penelitian ini dilakukan pada  saat 
pembelajaran sanggar dan ujian pementasan lokal tari Pendet di Sanggar Tari Bali 
Saraswati Yogyakarta. Sumber data primer pada penelitian ini adalah pelaksanaan 
ujian sanggar dan hasil wawancara staf admin, para pengajar, dan budayawan dari 
Bali. Sumber data sekunder didapat dari penelitian terdahulu mengenai hal yang 
sama dan kajian tertulis lain mengenai tari Pendet dan  taksu  itu sendiri. Teknik 
pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi partisipatif, wawancara 
terstruktur, dan dokumentasi. Uji validitas data menggunakan triangulasi sumber 
dan triangulasi teknik. Data dianalisis secara diskriptif meliputi tahap reduksi data, 
penyajian data, dan kesimpulan, sedangkan untuk analisis pada gerakan dan elemen 
pendukung tari menggunakan pendekatan performance studies. 
  Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut. 1) Proses pembelajaran tari 
Pendet di Sanggar Tari Bali Saraswati Yogyakarta yang digunakan adalah secara  
langsung atau meniru gerak yang diajarkan oleh pengajar. Kemudian pengajar juga 
melagukan hitungan dalam gerak supaya murid mudah hapal. 2)  Bagian dari nilai 
taksu adalah sabda sebagai afektif, bayu psikomotorik, dan idep sebagai kognitif. 
Setiap orang yang belajar menari mendapat  taksu harus dengan usaha keras dan 
pengulangan gerak dalam berlatih. 3) Pementasan ujian lokal Sanggar Saraswati 
Yogyakarta merupakan evaluasi dari siswa yang telah mempelajari tari Pendet. 
Konsep dari taksu dalam tari Pendet adalah  sabda atau afektif sikap badan dalam 
menari atau aturan dalam menari. Bayu  atau psikomotorik  adalah keseimbangan 
gerak atau kekuatan dalam menari. Idep atau kognitif adalah siswa menghapal tari.},
        keywords = {Pembelajaran, nilai taksu, Tari Pendet, Sanggar Saraswati Yogyakarta}
}