<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "Evaluasi Implementasi Nilai Karakter Utama pada Program \r\nPenguatan Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar Se-Kabupaten Bandung."^^ . "Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) relevansi karakteristik \r\nsekolah dengan penguatan pendidikan karakter di SD, (2) persiapan sekolah untuk \r\nimplementasi penguatan pendidikan karakter di SD, (3) implementasi penguatan \r\npendidikan karakter di sekolah SD, dan (4) dampak penguatan pendidikan karakter \r\nterhadap perilaku siswa di SD. \r\nPenelitian ini merupakan penelitian evaluasi dengan model context, input, \r\nprocess, dan output (CIPO). Subjek penelitian yaitu kepala sekolah, guru, dan siswa \r\ndi SD Al-Mabrur, SDN Cicalengka 05, dan SDN Percobaan di Kabupaten Bandung. \r\nData diperoleh dengan wawancara, observasi, dan kuesioner yang hasilnya \r\ndibandingkan dengan kriteria keberhasilan. Analisis data menggunakan kategorisasi \r\npenilaian berdasarkan skor yang diperoleh pada setiap tahap evaluasi. \r\nHasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Ketiga sekolah memiliki potensi dan \r\nkeunikan yang relevan dengan Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) seperti konsep \r\npendidikan inklusi, gerakan sekolah adiwiyata, budaya etos kerja, dan memperkuat \r\nkearifan lokal dengan penggunaan bahasa daerah. (2) Beberapa persiapan sekolah \r\nyang dilakukan yaitu pelatihan PPK untuk guru, alokasi dana untuk PPK, fasilitas \r\nsekolah yang mumpuni dan sesuai dengan standar sarana prasarana sekolah, tata \r\nkelola sekolah yang mendukung pelaksanaan PPK, dan perangkat pembelajaran yang \r\ndiintegrasikan dengan nilai karakter sesuai dengan konsep PPK. (3) Implementasi \r\nPPK ditunjukkan dalam kegiatan intrakurikuler, kokurikuler, dan ekstrakurikuler. \r\nIntrakurikuler seperti pembelajaran agama, pembelajaran tematik kewarganegaraan, \r\nkegiatan pembiasaan seperti gerakan literasi, membaca doa, Quran, dan menyanyikan \r\nlagu nasional, kegiatan refleksi seperti refleksi diri sendiri dan menyanyikan lagu \r\ndaerah. Kegiatan kokurikuler seperti upacara bendera, salat berjamaah, perayaan \r\nkeagamaan, dan aturan sekolah. Kegiatan ekstrakurikuler seperti pramuka, baca tulis \r\nQuran, seni tari, dan dokter cilik. (4) Ketercapaian evaluasi di ketiga sekolah berada \r\npada kategori yang tinggi. Praksis PPK bagi siswa di ketiga sekolah sudah mulai \r\nmenjadi kebiasaan, penanaman karakter yang dilakukan secara konsisten akan secara \r\nbertahap terinternalisasi dalam diri siswa."^^ . "2018-12-20" . . . "UNY"^^ . . . "Program Pascasarjana, UNY"^^ . . . . . . . . . "Eli"^^ . "Meivawati"^^ . "Eli Meivawati"^^ . . . . . . "Evaluasi Implementasi Nilai Karakter Utama pada Program \r\nPenguatan Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar Se-Kabupaten Bandung. (Text)"^^ . . . "tesis-eli-meivawati-16701251017.swf"^^ . . "HTML Summary of #62419 \n\nEvaluasi Implementasi Nilai Karakter Utama pada Program \nPenguatan Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar Se-Kabupaten Bandung.\n\n" . "text/html" . . . "Pendidikan (Umum)"@en . .