<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "Pengembangan Media Garis Bilangan Pandawa Untuk \r\nMeningkatkan Motivasi Belajar dan Keterampilan Menghitung Operasi Bilangan Bulat Pada Pembelajaran Tematik-Integratif Siswa Kelas IV Sekolah Dasar."^^ . "Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan Media Garis Bilangan \r\nPandawa yang layak untuk meningkatkan motivasi dan keterampilan menghitung \r\noperasi bilangan bulat lengkap pada pembelajaran tematik integratif siswa kelas \r\nIV SD dan (2) mengungkapkan keefektifan media yang dihasilkan. \r\nPenelitian ini adalah penelitian dan pengembangan, yang mengacu pada \r\nlangkah yang dikembangkan oleh Borg & Gall yang terdiri dari sepuluh langkah: \r\n(1) research and information collection, (2) planning, (3) develop preliminary \r\nform of product, (4) preliminary field testing, ( 5) main product revision, (6) main \r\nfield testing, (7) operational product revision, (8) operational field testing, (9) \r\nfinal product revision, dan (10) dissemination and implementation. Subjek \r\npenelitian adalah siswa dan guru kelas IV SD Umbulharjo 2, SD Watuadeg, SD \r\nBronggang Baru, dan SD Kepuharjo. Data diperoleh melalui wawancara, \r\nobservasi, angket, dan tes. Instrumen pengumpulan data meliputi pedoman \r\nwawancara, lembar observasi, angket validasi kelayakan produk, angket respon \r\nguru dan siswa, angket motivasi belajar, dan tes keterampilan menghitung operasi \r\nbilangan bulat. Analisis data menggunakan independet sample t-test dan paired \r\nsample t-test pada taraf signifikansi 0,05. \r\nHasil penelitian adalah sebagai berikut. (1) Media garis bilangan Pandawa \r\nyang dihasilkan layak untuk meningkatkan motivasi belajar dan keterampilan \r\nmenghitung operasi bilangan bulat pada pembelajaran tematik integratif siswa \r\nkelas IV SD. Kelayakan media tersebut dapat dilihat dari hasil validasi ahli materi \r\nyang memperoleh nilai dengan kategori “sangat layak” dan hasil validasi ahli \r\nmedia yag memperoleh nilai dengan kategori “layak”. Hasil respon guru dan \r\nsiswa memperoleh nilai dengan kategori “sangat baik” dan „baik” (2) Media yang \r\ndihasilkan efektif untuk meningkatkan motivasi belajar dan keterampilan \r\nmenyelesaikan operasi bilangan bulat. Keefektifan media tersebut dapat dilihat \r\ndari hasil uji independent sample t-test yang menunjukkan nilai sig < 0,05 \r\nsehingga terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil angket motivasi dan tes \r\nantara kelas kontrol dan eksperimen. Sementara itu dari hasil uji paired sample t-test menunjukkan nilai sig < 0,05 sehingga terdapat perbedaan yang signifikan \r\nantara hasil angket motivasi dan tes keterampilan menghitung operasi bilangan \r\nbulat di kelas eksperimen antara sebelum dan sesudah menggunakan media garis \r\nbilangan Pandawa."^^ . "2018-12-19" . . . "UNY"^^ . . . "Program Pascasarjana, UNY"^^ . . . . . . . . . "Ika"^^ . "Susilawati"^^ . "Ika Susilawati"^^ . . . . . . "Pengembangan Media Garis Bilangan Pandawa Untuk \r\nMeningkatkan Motivasi Belajar dan Keterampilan Menghitung Operasi Bilangan Bulat Pada Pembelajaran Tematik-Integratif Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. (Text)"^^ . . . "tesis-ika-susilawati-14712251055.swf"^^ . . "HTML Summary of #62416 \n\nPengembangan Media Garis Bilangan Pandawa Untuk \nMeningkatkan Motivasi Belajar dan Keterampilan Menghitung Operasi Bilangan Bulat Pada Pembelajaran Tematik-Integratif Siswa Kelas IV Sekolah Dasar.\n\n" . "text/html" . . . "Pendidikan Dasar"@en . .