<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "TelaahBuku Teks Bahasa Indonsia Kelas VII Berdasar\r\nKurikulum 2013"^^ . "Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengetahui kesesuaian isi buku teks \r\ndengan kurikulum 2013, 2) mengetahui tingkat kognisi soal dan latihan buku teks\r\nbahasa Indonesia Kelas VII. \r\nSubjek penelitian ini adalah buku teks bahasa Indonesia yang dipergunakan\r\noleh sebagian besar Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama baik SMP/MTs negeri dan\r\nswasta di wilayah Kota Yogyakarta, yaitu buku yang berjudul Bahasa Indonesia\r\nKelas VII Kurikulum 2013 yang diterbitkan oleh Pusat Kurikulum dan Perbukuan,\r\nBalitbang, Kemendikbud (buku A), dan buku Mandiri Bahasa Indonesia Kelas\r\nVII Kurikulum 2013 yang diterbitkan oleh Erlangga (buku B). Teknik yang\r\ndigunakan dalam pengumpulan data menggunakan teknik baca dan teknik catat.\r\nTeknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Teknik analisis\r\ndata tersebut berhubungan dengan 1) perbandingan data, baik berupa kata, frasa,\r\natau kalimat; 2) kategorisasi; 3) penyajian data dengan bentuk tabel; 4) Inferensi\r\ndata dengan memaknai, menyimpulkan, dan membandingkan data-data yang\r\nditemukan dalam kedua buku teks. \r\n Hasil penelitian kesesuaian buku teks dengan kurikulum dalam penelitian\r\nini adalah buku A memiliki kesesuaian dengan Kurikulum 2013 baik dalam unsur\r\nkelengkapan, kedalaman, maupun keluasan materi, sedangkan buku B\r\nmenunjukkan kesesuaian dengan Kurikulum 2013 hanya pada unsur kelengkapan\r\ndan kedalaman materi, dan kurang menunjukkan kesesuaian dengan Kurikulum\r\n2013 pada unsur keluasan materi. Adapun hasil penelitian tingkat kognisi soal dan\r\nlatihan dalam penelitian ini adalah buku A cenderung melatih kognisi level rendah\r\n(soal ingatan dan pemahaman), dan kurang melatih kognisi level sedang (soal\r\naplikasi dan analisis), serta level tinggi (soal evaluasi dan mencipta) dengan\r\nperbandingan jumlah soal mudah, sedang, dan sukar sebesar 54% : 25% : 21%,\r\nsedangkan buku teks B melatih kognisi level rendah, sedang, dan tinggi secara\r\nproporsional dengan perbandingan jumlah soal mudah, sedang, dan sukar sebesar\r\n33% : 39% : 27%. Hal ini dapat dimaknai bahwa buku A memiliki kesesuaian\r\nyang tinggi dengan kurikulum, namun komponen soal latihannya cenderung\r\nmelatih tingkat kognisi level rendah, sedangkan buku B terdapat\r\nkekurangsesuaian dengan kurikulum pada unsur keluasan namun melatih tingkat\r\nkognisi secara proporsional (mendekati ideal) baik level rendah, sedang, maupun\r\ntinggi. \r\n\r\n\r\n\r\nKata kunci: bahasa Indonesia, buku teks siswa, kurikulum, tingkat kognisi"^^ . "2018-12-26" . . . "UNY"^^ . . . "Program Pascasarjana, UNY"^^ . . . . . . . . . "Sri Jati"^^ . "Rahayu"^^ . "Sri Jati Rahayu"^^ . . . . . . "TelaahBuku Teks Bahasa Indonsia Kelas VII Berdasar\r\nKurikulum 2013 (Text)"^^ . . . "tesis sri jati rahayu.swf"^^ . . "HTML Summary of #62371 \n\nTelaahBuku Teks Bahasa Indonsia Kelas VII Berdasar \nKurikulum 2013\n\n" . "text/html" . . . "Bahasa dan Sastra Indonesia"@en . . . "Pasca Sarjana" . .