%0 Thesis %9 S2 %A Rahayu, Sri Jati %B Program Pascasarjana %D 2018 %F UNY:62371 %I UNY %T TelaahBuku Teks Bahasa Indonsia Kelas VII Berdasar Kurikulum 2013 %U http://eprints.uny.ac.id/62371/ %X Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengetahui kesesuaian isi buku teks dengan kurikulum 2013, 2) mengetahui tingkat kognisi soal dan latihan buku teks bahasa Indonesia Kelas VII. Subjek penelitian ini adalah buku teks bahasa Indonesia yang dipergunakan oleh sebagian besar Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama baik SMP/MTs negeri dan swasta di wilayah Kota Yogyakarta, yaitu buku yang berjudul Bahasa Indonesia Kelas VII Kurikulum 2013 yang diterbitkan oleh Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud (buku A), dan buku Mandiri Bahasa Indonesia Kelas VII Kurikulum 2013 yang diterbitkan oleh Erlangga (buku B). Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data menggunakan teknik baca dan teknik catat. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Teknik analisis data tersebut berhubungan dengan 1) perbandingan data, baik berupa kata, frasa, atau kalimat; 2) kategorisasi; 3) penyajian data dengan bentuk tabel; 4) Inferensi data dengan memaknai, menyimpulkan, dan membandingkan data-data yang ditemukan dalam kedua buku teks. Hasil penelitian kesesuaian buku teks dengan kurikulum dalam penelitian ini adalah buku A memiliki kesesuaian dengan Kurikulum 2013 baik dalam unsur kelengkapan, kedalaman, maupun keluasan materi, sedangkan buku B menunjukkan kesesuaian dengan Kurikulum 2013 hanya pada unsur kelengkapan dan kedalaman materi, dan kurang menunjukkan kesesuaian dengan Kurikulum 2013 pada unsur keluasan materi. Adapun hasil penelitian tingkat kognisi soal dan latihan dalam penelitian ini adalah buku A cenderung melatih kognisi level rendah (soal ingatan dan pemahaman), dan kurang melatih kognisi level sedang (soal aplikasi dan analisis), serta level tinggi (soal evaluasi dan mencipta) dengan perbandingan jumlah soal mudah, sedang, dan sukar sebesar 54% : 25% : 21%, sedangkan buku teks B melatih kognisi level rendah, sedang, dan tinggi secara proporsional dengan perbandingan jumlah soal mudah, sedang, dan sukar sebesar 33% : 39% : 27%. Hal ini dapat dimaknai bahwa buku A memiliki kesesuaian yang tinggi dengan kurikulum, namun komponen soal latihannya cenderung melatih tingkat kognisi level rendah, sedangkan buku B terdapat kekurangsesuaian dengan kurikulum pada unsur keluasan namun melatih tingkat kognisi secara proporsional (mendekati ideal) baik level rendah, sedang, maupun tinggi. Kata kunci: bahasa Indonesia, buku teks siswa, kurikulum, tingkat kognisi