<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "Pengembangan Computerized Adaptive Test (CAT)\r\nuntuk Memetakan Keterampilan Berpikir Kritis Fisika Peserta Didik Kelas XI\r\nSMA"^^ . "Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengembangkan program Computerized\r\nAdaptive Test for Physics Critical Thinking Skills (CAT-PhysCriTS) yang\r\nmemenuhi syarat untuk memetakan keterampilan berpikir kritis fisika dari segi\r\nkonstruksinya; 2) mengetahui karakteristik bank soal keterampilan berpikir kritis\r\nfisika; 3) mengetahui hasil pemetaan keterampilan berpikir kritis fisika peserta\r\ndidik; dan 4) mengetahui respon peserta didik terhadap program CAT- PhysCriTS. \r\nProduk dikembangkan dengan menggabungkan model Oriondo dan Antonio\r\nuntuk bank soal, serta model 4-D untuk media CAT. Tahapan yang dilakukan\r\nmeliputi: 1) studi pendahuluan, perencanaan awal bank soal, dan pendefinisian\r\nmedia; 2) penulisan butir soal dan perancangan media CAT; 3) pengujian bank soal,\r\npengembangan media CAT, input bank soal ke dalam media CAT, uji coba\r\nlapangan CAT-PhysCriTS, serta interpretasi skor dan pemetaan; dan 4) evaluasi,\r\npengemasan produk akhir, dan penyebaran. Desain uji coba meliputi: 1) penilaian\r\nahli yang terdiri atas uji validitas isi bank soal yang melibatkan 9 ahli dan dianalisis\r\ndengan formula Aiken, serta telaah media yang melibatkan 11 ahli dan dianalisis\r\ndengan melihat kriteria kelayakan media; 2) uji coba terbatas tes melibatkan 344\r\npeserta didik kelas XI SMAN 1 pengasih, SMAN 1 Sentolo, dan SMAN 1 Wates\r\nyang dianalisis mengikuti partial credit model (PCM) dengan bantuan program\r\nQuest dan Parscale; dan 3) uji coba lapangan produk melibatkan 233 peserta didik\r\nkelas XI MAN 2 Kulon Progo, SMAN 2 Wates, dan MAN 1 Kulon Progo yang\r\nkemudian dipetakan dan diminta memberikan penilaian terhadap produk. \r\nHasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Program CAT-PhysCriTS dengan\r\nkonstruksi bank soal mencakup materi fisika kelas XI SMA semester ganjil dengan\r\nformat two-tier multiple-choice yang berjumlah 136 butir (4 paket dan 8 anchor)\r\nsedangkan konstruksi media CAT didasarkan pada algoritma teori respon butir,\r\nlogika dan statistika sederhana. Produk tersebut telah memenuhi syarat validitas isi\r\nuntuk bank soal dengan indek Aikens’ V berada pada rentang 0,89-1,00 (valid), \r\nsedangkan media CAT mendapatkan nilai telaah media dengan skor rata-rata 14,73\r\ndalam kategori sangat baik; 2) seluruh butir soal fit dengan PCM dengan nilai INFIT\r\nMNSQ 0,88-1,18, estimasi item reliability sebesar 0,87 dan cocok untuk peserta \r\ndidik dengan kemampuan −1,7 ≤"^^ . "2018-12-12" . . . "UNY"^^ . . . "Program Pascasarjana, UNY"^^ . . . . . . . . . "Aang Zainul"^^ . "Abidin"^^ . "Aang Zainul Abidin"^^ . . . . . . "Pengembangan Computerized Adaptive Test (CAT)\r\nuntuk Memetakan Keterampilan Berpikir Kritis Fisika Peserta Didik Kelas XI\r\nSMA (Text)"^^ . . . "Tesis Aang Zainul Abidin 16726251022.swf"^^ . . "HTML Summary of #62353 \n\nPengembangan Computerized Adaptive Test (CAT) \nuntuk Memetakan Keterampilan Berpikir Kritis Fisika Peserta Didik Kelas XI \nSMA\n\n" . "text/html" . . . "Fisika"@en . . . "Pasca Sarjana" . .