@phdthesis{UNY62353, year = {2018}, title = {Pengembangan Computerized Adaptive Test (CAT) untuk Memetakan Keterampilan Berpikir Kritis Fisika Peserta Didik Kelas XI SMA}, author = {Aang Zainul Abidin}, school = {UNY}, month = {December}, abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengembangkan program Computerized Adaptive Test for Physics Critical Thinking Skills (CAT-PhysCriTS) yang memenuhi syarat untuk memetakan keterampilan berpikir kritis fisika dari segi konstruksinya; 2) mengetahui karakteristik bank soal keterampilan berpikir kritis fisika; 3) mengetahui hasil pemetaan keterampilan berpikir kritis fisika peserta didik; dan 4) mengetahui respon peserta didik terhadap program CAT- PhysCriTS. Produk dikembangkan dengan menggabungkan model Oriondo dan Antonio untuk bank soal, serta model 4-D untuk media CAT. Tahapan yang dilakukan meliputi: 1) studi pendahuluan, perencanaan awal bank soal, dan pendefinisian media; 2) penulisan butir soal dan perancangan media CAT; 3) pengujian bank soal, pengembangan media CAT, input bank soal ke dalam media CAT, uji coba lapangan CAT-PhysCriTS, serta interpretasi skor dan pemetaan; dan 4) evaluasi, pengemasan produk akhir, dan penyebaran. Desain uji coba meliputi: 1) penilaian ahli yang terdiri atas uji validitas isi bank soal yang melibatkan 9 ahli dan dianalisis dengan formula Aiken, serta telaah media yang melibatkan 11 ahli dan dianalisis dengan melihat kriteria kelayakan media; 2) uji coba terbatas tes melibatkan 344 peserta didik kelas XI SMAN 1 pengasih, SMAN 1 Sentolo, dan SMAN 1 Wates yang dianalisis mengikuti partial credit model (PCM) dengan bantuan program Quest dan Parscale; dan 3) uji coba lapangan produk melibatkan 233 peserta didik kelas XI MAN 2 Kulon Progo, SMAN 2 Wates, dan MAN 1 Kulon Progo yang kemudian dipetakan dan diminta memberikan penilaian terhadap produk. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Program CAT-PhysCriTS dengan konstruksi bank soal mencakup materi fisika kelas XI SMA semester ganjil dengan format two-tier multiple-choice yang berjumlah 136 butir (4 paket dan 8 anchor) sedangkan konstruksi media CAT didasarkan pada algoritma teori respon butir, logika dan statistika sederhana. Produk tersebut telah memenuhi syarat validitas isi untuk bank soal dengan indek Aikens? V berada pada rentang 0,89-1,00 (valid), sedangkan media CAT mendapatkan nilai telaah media dengan skor rata-rata 14,73 dalam kategori sangat baik; 2) seluruh butir soal fit dengan PCM dengan nilai INFIT MNSQ 0,88-1,18, estimasi item reliability sebesar 0,87 dan cocok untuk peserta didik dengan kemampuan ?1,7 {$\leq$}}, url = {http://eprints.uny.ac.id/62353/} }