%0 Report %9 Project Report %A Kurniawati, Eva %D 2017 %F UNY:62327 %I Universitas Negeri Yogyakarta %K PLT, UNY, pembelajaran, bahasa indonesia %T LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING (PLT) SMP N 4 NGAGLIK %U http://eprints.uny.ac.id/62327/ %X Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) merupakan perguruan tinggi negeri berbasis pendidikan yang mempunyai tugas untuk menyelenggarakan pendidikan dan pengabdian kepada masyarakat serta membina tenaga kependidikan. Demi mewujudkan hal tersebut, maka UNY memberikan pengetahuan dan keterampilan kepada mahasiswa program studi pendidikan pada salah satu mata kuliah yaitu Praktik Lapangan Tebimbing (PLT). Praktik Lapangan Tebimbing (PLT) merupakan kesempatan bagi mahasiswa untuk mengaplikasikan atau menerapkan ilmu yang telah dipelajarinya di bangku perkuliahan. Kegiatan PLT dapat bertujuan untuk memberikan pengalaman nyata dan langsung kepada mahasiswa sebagai calon pendidik, sehingga mahasiswa dapat menerapkan, mempersiapkan, dan mengembangkan kemampuannya sebagai pendidik. Kegiatan PLT dilaksanakan oleh mahasiswa kependidikan Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) bertujuan untuk mengetahui dan berperan langsung dalam pembelajaran sekolah. Sekolah yang digunakan sebagai tempat praktik ini adalah SMP Negeri 4 Ngaglik yang berlokasi di Jalan Palagan Tentara Pelajar, Wonorejo, Sariharjo, Ngaglik, Sleman, Yogyakarta. Pelaksanaan PLT di SMPN 4 Ngaglik dimulai pada tanggal 15 September 2017 sampai dengan 15 November 2017 dan terbagi mengajar di kelas VII A dan VII B. Melalui tahap observasi, dalam melaksanakan program PLT di sekolah, ada beberapa program PLT yang direncanakan oleh mahasiswa antara lain; (1) Pembuatan RPP (2) Pembuatan Media Pembelajaran (3) Praktik mengajar; dan (4) Evalusi Pembelajaran. Selain itu, mahasiswa PLT juga diajarkan bagaimana cara menjadi seorang pendidik yang baik, bagaimana mengelola kelas dengan mata pelajaran bahasa indonesia dengan baik, serta berbagai hal yang berkaitan dengan kinerja para guru. Secara keseluruhan, kegiatan PLT terlaksana dengan baik. Kegiatan PLT ini diharapkan dapat memberikan pengalaman bagi mahasiswa terutama pengalaman mengajar, menjadi guru yang profesional, dan bertanggungjawab. Selain itu, kegiatan PLT juga merupakan sarana untuk membiasakan mahasiswa dengan berbagai permasalahan yang ada dalam kegiatan pembelajaran, sehingga terlatih untuk berpikir kritis, berimprovisasi, dan melakukan peningkatan dalam kegiatan pembelajaran. Adanya kegiatan PLT dapat dijadikan sebagai sarana untuk menjadikan diri sebagai guru atau pendidik yang profesional yaitu guru yang mempunyai nilai, sikap, kemampuan dan keterampilan yang memadai sesuai dengan bidangnya masing-masing.