@phdthesis{UNY62188, year = {2018}, school = {Fakultas Teknik}, title = {KONSTRIBUSI KELOMPOK TEMAN SEBAYA DAN MINAT BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS X TEKNIK KENDARAAN RINGAN SMK MUHAMMADIYAH 1 BANTUL TAHUN PELAJARAN 2017/2018 PADA MATA PELAJARAN GAMBAR TEKNIK OTOMOTIF}, author = {Tanindra Wijananto}, month = {December}, keywords = {Kelompok Teman Sebaya, Minat Belajar, Prestasi Belajar, SMK Muhammadiyah 1 Bantul}, url = {http://eprints.uny.ac.id/62188/}, abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Kontribusi kelompok teman sebaya terhadap prestasi belajar siswa kelas X Teknik Kendaraan ringan SMK Muhammadiyah 1 Bantul Tahun Pelajaran 2017/2018 pada mata pelajaran Gambar Teknik Otomotif; 2) Kontribusi minat belajar terhadap prestasi belajar siswa kelas X Teknik Kendaraan ringan SMK Muhammadiyah 1 Bantul Tahun Pelajaran 2017/2018 pada mata pelajaran Gambar Teknik Otomotif; 3) Kontribusi kelompok teman sebaya dan minat belajar terhadap prestasi belajar siswa kelas X Teknik Kendaraan ringan SMK Muhammadiyah 1 Bantul Tahun Pelajaran 2017/2018 pada mata pelajaran Gambar Teknik Otomotif. Penelitian ini merupakan penelitian ex-post facto dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X TKR SMK Muhammadiyah 1 Bantul Tahun Pelajaran 2017/2018 sejumlah 134 siswa, teknik pengambilan sampel menggunakan teknik proporsional random sampling, diperoleh sampel sejumlah 100 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi dan angket. Uji validitas instrumen menggunakan korelasi Product Moment dan uji reliabilitas menggunakan rumus Alpha Cronbach?s. Uji prasyarat analisis meliputi uji normalitas, uji linieritas, dan uji multikolonieritas. Uji hipotesis meliputi analisis regresi sederhana, analisis regresi ganda, sumbangan relatif dan sumbangan efektif. Hasil penelitian ini menunjukan:1) Terdapat kontribusi signifikan kelompok teman sebaya terhadap prestasi belajar siswa dengan nilai thitung sebesar 4,820 dan nilai signifikansi 0,000; 2) Terdapat kontribusi signifikan minat belajar terhadap prestasi belajar siswa dengan nilai thitung sebesar 7,201 dan nilai signifikansi 0,000; 3) Terdapat kontribusi signifikan kelompok teman sebaya dan minat belajar terhadap prestasi belajar siswa dengan nilai Fhitung sebesar 34,948 dengan nilai signifikansi sebesar 0,000. Besarnya koefisien determinasi (R2) sebesar 0,419 atau 41,9\%. Hasil ini menunjukan bahwa prestasi belajar dapat dijelaskan oleh variabel kelompok teman sebaya dan minat belajar sebesar 41,90\%, sedangkan sisanya 58,10\% dijelaskan oleh variabel lain yang tidak diteliti.} }