<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "PENGEMBANGAN DAN ANALISIS KELAYAKAN APLIKASI HURUF JEPANG (HIRAGANA DAN KATAKANA) BERBASIS DESKTOP SEBAGAI SARANA BELAJAR MANDIRI SISWA KELAS X SMA NEGERI 3 CILACAP"^^ . "Tujuan penelitian ini dirancang untuk: (1) Mengembangkan media pembelajaran huruf Jepang (Hiragana dan Katakana) berbasis desktop untuk siswa SMA Negeri 3 Cilacap kelas X, (2) Mengetahui hasil pengujian kelayakan aplikasi huruf Jepang (Hiragana dan Katakana) berbasis desktop sesuai standar ISO 25010 yang meliputi aspek functional suitability, usability, portability . Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Developmen t (R&D). Tahap-tahap penelitian mengacu pada model pengembangan waterfall yang meliputi: (1) analisis kebutuhan, (2) desain, (3) pengkodean, (4) pengujian. Subjek penelitian ini yaitu 30 orang yang terdiri dari 29 siswa kelas X dan 1 guru Bahasa Jepang kelas X untuk menguji aspek usability, 3 orang ahli untuk menguji aspek functional suitability, 3 orang ahli materi untuk menguji aspek materi, dan dokumentasi terhadap aplikasi pembelajaran huruf Jepang untuk pengujian aspek portability . Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, daftar cocok, dan angket/kuisioner. Hasil penelitian diketahui bahwa: (1) aplikasi pembelajaran huruf Jepang dikembangkan sebagai sarana belajar mandiri berbasis desktop menggunakan software Adobe Flash CS6 melalui beberapa tahapan, yaitu analisis kebutuhan (analisis kebutuhan fungsional, analisis kebutuhan perangkat keras, analisis kebutuhan perangkat lunak), desain (desain flowchart dan desain storyboard ), pengkodean, dan pengujian, (2) hasil pengujian kelayakan aplikasi pembelajaran huruf Jepang (Hiragana dan Katakana) diperoleh persentase kelayakan sebesar 100% (sangat layak) untuk aspek functional sui tability, aspek usability mendapatkan nilai persentase kelayakan sebesar 79% dengan kategori “layak”, aspek portability yang diuji pada sistem operasi Windows XP, Windows 7, Windows 8, dan Windows 10 dapat berjalan dengan lancar dan baik memperoleh nilai persentase sebesar 100% dengan kategori “sangat layak”, serta aspek materi memperoleh persentase kelayakan sebesar 100% dengan kategori “sangat layak."^^ . "2016" . . . "Fakultas Teknik"^^ . . . "Pendidikan Teknik Informatika, Fakultas Teknik"^^ . . . . . . . . . "Annisa Gatri"^^ . "Zakinah"^^ . "Annisa Gatri Zakinah"^^ . . . . . . "PENGEMBANGAN DAN ANALISIS KELAYAKAN APLIKASI HURUF JEPANG (HIRAGANA DAN KATAKANA) BERBASIS DESKTOP SEBAGAI SARANA BELAJAR MANDIRI SISWA KELAS X SMA NEGERI 3 CILACAP (Text)"^^ . . . "12520241048.pdf"^^ . . . "PENGEMBANGAN DAN ANALISIS KELAYAKAN APLIKASI HURUF JEPANG (HIRAGANA DAN KATAKANA) BERBASIS DESKTOP SEBAGAI SARANA BELAJAR MANDIRI SISWA KELAS X SMA NEGERI 3 CILACAP (Other)"^^ . . . . . . "indexcodes.txt"^^ . . . "PENGEMBANGAN DAN ANALISIS KELAYAKAN APLIKASI HURUF JEPANG (HIRAGANA DAN KATAKANA) BERBASIS DESKTOP SEBAGAI SARANA BELAJAR MANDIRI SISWA KELAS X SMA NEGERI 3 CILACAP (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "PENGEMBANGAN DAN ANALISIS KELAYAKAN APLIKASI HURUF JEPANG (HIRAGANA DAN KATAKANA) BERBASIS DESKTOP SEBAGAI SARANA BELAJAR MANDIRI SISWA KELAS X SMA NEGERI 3 CILACAP (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "PENGEMBANGAN DAN ANALISIS KELAYAKAN APLIKASI HURUF JEPANG (HIRAGANA DAN KATAKANA) BERBASIS DESKTOP SEBAGAI SARANA BELAJAR MANDIRI SISWA KELAS X SMA NEGERI 3 CILACAP (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "PENGEMBANGAN DAN ANALISIS KELAYAKAN APLIKASI HURUF JEPANG (HIRAGANA DAN KATAKANA) BERBASIS DESKTOP SEBAGAI SARANA BELAJAR MANDIRI SISWA KELAS X SMA NEGERI 3 CILACAP (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . "HTML Summary of #62077 \n\nPENGEMBANGAN DAN ANALISIS KELAYAKAN APLIKASI HURUF JEPANG (HIRAGANA DAN KATAKANA) BERBASIS DESKTOP SEBAGAI SARANA BELAJAR MANDIRI SISWA KELAS X SMA NEGERI 3 CILACAP\n\n" . "text/html" . . . "Teknik Informatika" . .