%0 Thesis %9 S1 %A Pratiwi, Septiana %B Psikologi Pendidikan dan Bimbingan %D 2018 %F UNY:62045 %I Fakultas Ilmu Pendidikan %T PENGARUH PRESTASI BELAJAR TERHADAP KEPERCAYAAN DIRI SISWA DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 2 MLATI %U http://eprints.uny.ac.id/62045/ %X Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya kepercayaan diri siswa yang disebabkan prestasi belajar rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya pengaruh prestasi belajar terhadap kepercayaan diri siswa di SMP Negeri 2 Mlati. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa SMP Negeri 2 Mlati sebanyak 360 siswa. Sampel penelitian sebanyak 186 siswa dihitung menggunakan tabel penentuan jumlah sampel Krejcie dan Morgan dengan tingkat kepercayaan 95%. Alat yang digunakan untuk pengumpulan data berupa raport siswa dan skala kepercayaan diri. Uji validitas instrumen menggunakan validitas konstrak dengan uji expert judgment. Uji reliabilitas instrumen skala kepercayaan diri dihitung dengan rumus Alpha Cronbach dan diperoleh nilai koefisien ɑ 0,927. Analisis data dan uji hipotesis menggunakan teknik regresi linear sederhana bernilai signifikansi 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa prestasi belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepercayaan diri siswa. Hal ini ditunjukkan dengan signifikansi 0,000 (p < 0,05) dan persamaan garis regresi Y = 10,917 + 1,600X yang berarti jika prestasi belajar dinaikkan sebesar 1% maka kepercayaan diri akan meningkat sebesar 1,600. Kesimpulan penelitian ini adalah prestasi belajar dapat mempengaruhi kepercyaan diri secara positif. Terdapat sumbangan efektif variabel prestasi belajar terhadap kepercayaan diri sebesar 11,5%. Kata kunci: prestasi belajar, kepercayaan diri