%I Fakultas Ilmu Pendidikan %D 2018 %T PENGARUH GAYA HIDUP HEDONISME TERHADAP KECURANGAN AKADEMIK MAHASISWA BIMBINGAN DAN KONSELING %L UNY62043 %X Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui : (1) apakah terdapat pengaruh gaya hidup hedonisme terhadap kecurangan akademik pada mahasiswa Bimbingan dan Konseling FIP UNY, (2) tingkat gaya hidup hedonisme pada mahasiswa BK FIP UNY, (3) tingkat kecurangan akademik pada mahasiswa BK FIP UNY. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif. Populasi penelitian adalah mahasiswa program studi Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta angkatan 2014, 2015, 2016, dan 2017 yang berjumlah 306 mahasiswa. Sampel penelitian ini sebanyak 170 mahasiswa yang ditentukan dengan rumus Isaac dan Michael dengan taraf kesalahan 5%, selanjutnya sampel setiap angkatan ditentukan dengan teknik Proportionate Statified Random Sampling. Data dikumpulkan menggunakan skala kecurangan akademik dan skala gaya hidup hedonisme. Analisis data dilakukan dengan analisis deskriptif dan regresi sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Terdapat pengaruh secara signifikan dan positif gaya hidup hedonisme terhadap kecurangan akademik pada mahasiswa BK FIP UNY (F: 34,368; p: 0,000); (2) tingkat gaya hidup hedonisme mahasiswa BK FIP UNY berkategori sedang sebesar 58% dan kategori rendah sebesar 42%, sedangkan untuk kategori tinggi 0%; (3) tingkat kecurangan akademik mahasiswa BK FIP UNY berkategori rendah sebesar 54% dan kategori sedang sebesar 46%, sedangkan untuk kategori tinggi 0%. Berdasarkan nilai koefisien determinasi (R Square) sebesar 0,170 diketahui bahwa gaya hidup hedonisme memengaruhi kecurangan akademik sebesar 17%, sedangkan sebesar 83% variabel kecurangan akademik dipengaruhi oleh faktor lain di luar penelitian Kata Kunci : gaya hidup hedonisme, kecurangan akademik, mahasiswa %A Erliana Prastika