@phdthesis{UNY61954, year = {2018}, school = {Fakultas Ilmu Pendidikan}, title = {KESEJAHTERAAN PSIKOLOGIS REMAJA TUNARUNGU(Studi Deskriptif Siswa Tunarungu di SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta)}, author = {Ni Sekar Ayu Agvitra Mahardi}, month = {December}, url = {http://eprints.uny.ac.id/61954/}, abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesejahteraan psikologis dari remaja tunarungu yang merupakan siswa SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta ditinjau dari aspek penerimaan diri, hubungan positif dengan lingkungan sekitar, kemandirian, kemampuan penguasaan lingkungan, tujuan hidup, dan perkembangan diri. Pendekatan dalam penelitian ini yaitu kualitatif deskriptif. Pemilihan subjek menggunakan teknik purposive sampling sesuai dengan tujuan penelitian. Penelitian ini dilakukan di SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta dan taman Pakualaman. Data didapatkan dari lima orang subjek dan enam orang informan kunci. Pengambilan data dilakukan dengan wawancara mendalamdan observasi tidak terstruktur, instrumen yang digunakan yaitu pedoman wawancara dan pedoman observasi. Uji keabsahan data menggunakan teknik triangulasi sumber dan metode. Analisis data dilakukan dengan analisis interaktif/interactive model analysis. Kondisi kesejahteraan psikologis remaja tunarungu di SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta cenderung memiliki kondisi yang sama pada dimensi penerimaan diri, kemandirian dan perkembangan diri, namun memiliki kondisi yang berbeda-beda pada dimensi hubungan positif dengan lingkungan, penguasaan lingkungan dan tujuan hidup. Kondisi tersebut dipengaruhi oleh kesehatan dan fungsi fisik yang terbatas akibat ketunarunguan, jenis kelamin, religiusitas, dan dukungan sosial. Karakteristik sebagai tunarungu juga mempengaruhi kondisi kesejahteraan psikologis remaja tunarungu.} }