TY - THES Y1 - 2018/11/18/ AV - restricted UR - http://eprints.uny.ac.id/61947/ M1 - skripsi TI - UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL LAMBANG BILANGAN MELALUI KEGIATAN BERMAIN KARTU ANGKA PADA ANAK KELOMPOK A DI TK SETIA RINI, TITANG SUMBERAGUNG JETIS BANTUL ID - UNY61947 N2 - Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan mengenal lambang bilangan melalui kegiatan bermain kartu angka pada anak kelompok A di TK Setia Rini, Titang Sumberagung Jetis Bantul. Kemampuan kognitif yang diteliti meliputi mengenal lambang bilangan. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan secara kolaboratif antara peneliti dengan guru kelas. Penelitian ini terdiri dari dua siklus dan setiap siklusnya dilaksanakan tiga kali pertemuan. Subjek penelitian ini adalah anak TK Kelompok A yang berjumlah berjumlah 15 anak yang terdiri dari 10 anak laki-laki dan 5 anak perempuan di TK Setia Rini. Teknik pengumpulandata melaluiobservasidandokumentasi.Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat peningkatan kemampuan mengenal lambang bilangan setelah pembelajaran melalui kegiatan bermain kartu angka. persentase pencapaian anak dalam satu kelas untuk indikator anak menunjuk lambang bilangan pada pra siklus 50% (MB), siklus I 63,89% (BSH) dan siklus II 83,89% (BSB).Indikator membuat urutan 1-10 dengan benda pada pra siklus 45% (MB), siklus I 61,11% (BSH) dan siklus II 81,67% (BSB). Indikator menghubungkan atau memasangkan lambang bilangan dengan benda hingga 1-10 (anak tidak disuruh menulis) pada pra siklus 43,33% (MB), siklus I 58,33% (BSH) dan siklus II 75,56% (BSB). Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa melalui kegiatan bermain kartu angka dapat meningkatkan kemampuan mengenal lambang bilangan pada anak kelompok A di TK Setia Rini, Titang Sumberagung Jetis Bantul. Kata kunci: kemampuan mengenal lambang bilangan, bermain kartu angka A1 - Yul sendang, Utami PB - PAUD ER -