%A Ashari Erdianto %I Fakultas Teknik %X Penelitian ini bertujuan untuk: mengetahui pengaruh jenis instansi tempat siswa melaksanakan praktik kerja lapangan terhadap nilai uji kompetensi kejuruan, pengaruh jenis pekerjaan saat siswa melaksanakan praktikkerjalapanganterhadapnilai uji kompetensikejuruan, pengaruh praktik kerja lapangan terhadap nilai uji kompetensi kejuruan, dan mengetahui sumbangan efektif pengaruh praktik kerja lapangan terhadap nilai uji kompetensi kejuruan. Penelitian ini merupakan penelitian ex-post facto menggunakan pendekatan korelasional. Populasi penelitian adalah semua siswa kelas XIII SMK Negeri 2 Depok Jurusan Teknik Pemesinan sebanyak 45 siswa dengan jumlah sampel penelitian 40 responden. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik simple random sampling. Data dikumpulkan dengan kuesioner, kemudian dianalisis deskriptif, korelasi dan regresi. Hasil penelitian diketahui bahwa: (1) terdapat pengaruh positif dan signifikan antara praktik kerja lapangan terhadap nilai uji kompetensi kejuruan siswa SMK Negeri 2 Depok, (2) diketahui terdapat pengaruh positif antara jenis instansi tempat praktik kerja lapangan terhadap nilai uji kompetensi kejuruan siswa SMK Negeri 2 Depok, (3) diketahui terdapat pengaruh positif antara jenis pekerjaan saat praktik kerja lapangan terhadap nilaiuji kompetensikejuruansiswaSMK Negeri 2 Depok,(4)sumbanganefektif yang diberikan variabel praktik kerja lapangan terhadap nilai uji kompetensi kejuruansiswa di SMK Negeri 2 Depok adalah sebesar 16,9%(jenisinstansi tempat praktik kerja lapangan 8,12%, dan jenis pekerjaan saat praktik kerja lapangan 8,78%). %T PENGARUH PRAKTIK KERJALAPANGAN TERHADAP NILAI UJI KOMPETENSIKEJURUAN SISWA PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK PEMESINAN SMK NEGERI2 DEPOK %D 2015 %L UNY61913 %K praktik kerja lapangan, nilai, uji kompetensi kejuruan