@phdthesis{UNY61895, month = {December}, author = {Arif Yunianto}, title = {PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN DEMONSTRATION BERBASIS DISCUSSION PROCESS PADA PEMBELAJARAN PROSES DASAR TEKNIK MESIN DI SMK NEGERI 1 SEDAYU BANTUL}, school = {Fakultas Teknik}, year = {2018}, abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keaktifan dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Proses Dasar Teknik Mesin (PDTM) setelah diterapkannya metode pembelajaran demonstration berbasis discussion process. Pada penelitian ini dilakukan pengamatan dan pengujian efektifitas penerapan metode tersebut jika dibandingkan dengan metode ceramah yang digunakan sebelumnya oleh guru. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian dilakukan di SMK Negeri 1 Sedayu Bantul pada kelas X Teknik Pemesinan (X TPM). Peneliti melakukan kolaborasi dengan guru mata pelajaran PDTM dalam hal penelitian maupun pengajaran.Metode pengumpulan data yang dilakukan pada penelitian ini adalah: observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes. Analisis data dalam penelitian ini dilakukan secara deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil dari penelitian ini adalah: (1) Kesiapan siswa dalam menerima pelajaran sebelum dilakukan tindakan 39,06\%, setelah siklus I 70,31\%, dan setelah siklus II 86,23\%. (2) Keaktifan siswa dalam proses pembelajaran sebelum dilakukan tindakan 23,18\%, setelah siklus I 67,97\%, dan setelah siklus II 85,41\%. (3) Persentase siswa yang mendapatkan nilai tuntas di atas 70 sebelum dilakukan tindakan 31,75\%, setelah siklus I 68,25\%, dan setelah siklus II 87,75\%. (4) Terdapat peningkatan yang signifikan antara masing-masing indikator pada setiap siklus, hal tersebut dapat dilihat dari peningkatan kesiapan, keaktifan, dan hasil belajar siswa pada saat sebelum dilakukan tindakan, pada siklus I dan pada siklus II. Pada siklus II semua indikator telah melampaui target persentase indikator keberhasilan yang telah ditetapkan. Sehingga siklus penelitian dapat dihentikan pada siklus II dan dapat ditarik kesimpulan bahwa metode pembelajaran demonstration berbasis discussion process berhasil serta lebih efektif dibandingkan dengan metode ceramah.}, keywords = {demonstration berbasis discussion process, PDTM}, url = {http://eprints.uny.ac.id/61895/} }