<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "Pengembangan Multimedia \r\nPembelajaran Alat Musik Gamolan dan Implementasi bagi Peserta Didik Kelas \r\nVIII di SMP N 10 Bandar Lampung."^^ . "Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan \r\nmultimedia pembelajaran gamolan untuk peserta didik kelas VIII di SMP N 10 \r\nBandar Lampung, (2) menguji kelayakan multimedia pembelajaran yang \r\ndikembangkan, dan (3) mengetahui efektivitas multimedia pembelajaran terhadap \r\nperubahan hasil belajar peserta didik. \r\n Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (R&D) dengan \r\nmengadaptasi dan mengkombinasi model pengembangan dari Borg dan Gall dan \r\nAlessi dan Trollip. Tahapan dalam penelitian dan pengembangan ini meliputi \r\npenelitian pendahuluan, perencanaan, perancangan, pengembangan, dan uji coba \r\npemakaian. Uji coba multimedia pembelajaran menggunakan pretest and posttest \r\ngroup design. Data dalam penelitian dan pengembangan ini dikumpulkan melalui \r\nangket, wawancara, observasi, dan tes hasil belajar. Teknik analisis data yang \r\ndigunakan adalah teknik kualitatif deskriptif, kuantitatif deskriptif, dan uji beda. \r\n Hasil penelitian dan pengembangan adalah sebagai berikut. (1) Multimedia \r\npembelajaran gamolan dikembangkan menggunakan basis flash yang dapat \r\ndioperasikan dalam perangkat komputer. (2) Kelayakan multimedia pembelajaran \r\ngamolan berdasarkan penilaian ahli media mencapai skor 4,18 dengan kriteria \r\n“Baik”; kelayakan multimedia pembelajaran gamolan berdasarkan penilaian ahli \r\nmateri mencapai skor 3,85 dengan kriteria “Baik”; penilaian produk oleh guru pada \r\nuji alfa mencapai skor sebesar 4,06 dengan kriteria “Baik”; penilaian produk oleh \r\n3 peserta didik pada uji alfa mencapai rata-rata skor sebesar 3,8 dengan kriteria \r\n“Baik”; penilaian produk pada uji beta oleh 25 peserta didik mencapai rata-rata skor \r\nsebesar 4,27 dengan kriteria “Sangat Baik”. (3) Peningkatan hasil belajar peserta \r\ndidik pada aspek kognitif adalah sebesar 31,2; dan peningkatan hasil belajar peserta \r\ndidik pada aspek psikomotorik adalah sebesar 22,22. Nilai signifikansi 0,000 \r\nmenunjukan adanya perbedaan yang signifikan antara nilai rata-rata pretest dan \r\nposttest. Dengan demikian, efektivitas dari penggunaan multimedia pembelajaran \r\ngamolan adalah dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik."^^ . "2018-10-23" . . . "UNY"^^ . . . "Program Pascasarjana, UNY"^^ . . . . . . . . . "I Ketut Satwika Sudina"^^ . "Putra"^^ . "I Ketut Satwika Sudina Putra"^^ . . . . . . "Pengembangan Multimedia \r\nPembelajaran Alat Musik Gamolan dan Implementasi bagi Peserta Didik Kelas \r\nVIII di SMP N 10 Bandar Lampung. (Text)"^^ . . . "tesis-i ketut satwika sudina putra-16724251005.swf"^^ . . "HTML Summary of #61851 \n\nPengembangan Multimedia \nPembelajaran Alat Musik Gamolan dan Implementasi bagi Peserta Didik Kelas \nVIII di SMP N 10 Bandar Lampung.\n\n" . "text/html" . . . "Seni Musik"@en . .