%0 Thesis %9 S1 %A Sholihah, Indri Fitriyani %B Pendidikan Luar Biasa %D 2018 %F UNY:61827 %I Universitas Negeri Yogyakarta %T EFEKTIVITAS DRILL AND PRACTICE TERHADAP KETERAMPILAN MENCUCI PAKAIAN ANAK HAMBATAN INTELEKTUAL KATEGORI SEDANG DI SEKOLAH LUAR BIASA NEGERI 1 YOGYAKARTA %U http://eprints.uny.ac.id/61827/ %X Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji efektifitas drill and practice terhadap keterampilan mencuci pakaian anak hambatan intelektual kategori sedang di SLB Negeri 1 Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian kuasi eksperimen. Desain penelitian pre-test post-test group desain. Subjek penelitian berjumlah dua anak hambatan intelektual sedang kelas IX SMPLB SLB N 1 Yogyakarta. Metode pengumpulan data menggunakan metode tes performance, observasi partisipan, dan wawancara tidak terstruktur. Analisis data menggunakan deskriptif kuantitatif dan perhitungan statistik parametrik dengan pengujian hipotesis uji paired sample T test dengan SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa menggunakan drill and practice efektif terhadap keterampilan mencuci pakaian anak hambatan intelektual kategori sedang di SLB N 1 Yogyakarta. Data hasil penelitian menunjukkan data hasil post-test lebih baik dari hasil pencapaian pre-test. Hasil pre-test subjek H 61,4% meningkat menjadi 89,3% pada hasil post-test dan subjek R hasil pre-test 64,3% meningkat menjadi 90,7% pada hasil post-test. Nilai tersebut menunjukkan masing-masing anak mampu melampaui kriteria keberhasilan latihan keterampilan mencuci pakaian yang sudah ditetapkan sebesar 87,5%. Hasil ini didukung juga dengan hasil uji paired sample T test dengan SPSS menunjukkan nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,017 < 0,05, maka H1 diterima dan Ho ditolak.