eprintid: 61811 rev_number: 10 eprint_status: archive userid: 1290 dir: disk0/00/06/18/11 datestamp: 2018-12-10 08:39:29 lastmod: 2019-05-09 09:08:33 status_changed: 2018-12-10 08:39:29 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Praptomo, Haryo title: Pengaruh Penerapan Metode Permainan Dalam Pembelajaran Seni Musik Terhadap Karakter dan Hasil Belajar Peserta didik Kelas V SD Joannes Bosco Yogyakarta. ispublished: pub subjects: H1 divisions: pps_seni full_text_status: public keywords: metode permainan, karakter peserta didik, dan hasil belajar peserta didik abstract: Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) mengetahui pengaruh penerapan metode permainan dalam pembelajaran seni musik terhadap karakter dan hasil belajar peserta didik kelas V SD Joannes Bosco Yogyakarta, (2) mengetahui pengaruh penerapan metode permainan dalam pembelajaran seni musik terhadap karakter peserta didik kelas V SD Joannes Bosco Yogyakarta, dan (3) mengetahui pengaruh penerapan metode permainan dalam pembelajaran seni musik terhadap hasil belajar peserta didik kelas V SD Joannes Bosco Yogyakarta . Penelitian ini menggunakan metode penelitian eksperimen semu (quasy experiment). Pendekatan penelitian ini adalah kuantitatif dengan desain eksperimen pre-test pos-test. Sampel sejumlah 42 orang peserta didik kelas V terdiri dari 21 peserta didik kelas eksperimen dan 21 peserta didik kelas kontrol di SD Joannes Bosco Yogyakarta. Pengumpulan data dalam penelitian ini dengan cara memberikan pretest dan posttest pada kelas kontrol dan kelas eksperimen. Variabel karakter menggunakan kuisioner dan hasil belajar peserta didik menggunakan instrument tes bernyanyi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu multivariate analysis of covariance (MANCOVA). Hasil penelitian adalah (1) penerapan metode permainan dalam pembelajaran seni musik berpengaruh terhadap karakter dan hasil belajar peserta didik kelas V SD Joannes Bosco Yogyakarta (F hitung = 671,402 dan sig 0,000 < 0,05), yang juga dipengaruhi oleh hasil belajar sebelum diberi perlakuan (F hitung = 14,025 dan sig 0,000 < 0,05). (2) Penerapan metode permainan dalam pembelajaran seni musik berpengaruh terhadap karakter peserta didik kelas V SD Joannes Bosco Yogyakarta (F hitung = 135,705 dan sig 0,000 < 0,05), yang juga dipengaruhi oleh karakter sebelum diberi perlakuan (F hitung = 4,385 dan sig 0,043 < 0,05). (3) Penerapan metode permainan dalam pembelajaran seni musik berpengaruh terhadap hasil belajar peserta didik kelas V SD Joannes Bosco Yogyakarta (F hitung = 1285,403 dan sig 0,000 < 0,05), yang juga dipengaruhi oleh hasil belajar sebelum diberi perlakuan (F hitung = 24,340 dan sig 0,000 < 0,05). date: 2018-10-29 date_type: published institution: UNY department: Program Pascasarjana thesis_type: tesis citation: Praptomo, Haryo (2018) Pengaruh Penerapan Metode Permainan Dalam Pembelajaran Seni Musik Terhadap Karakter dan Hasil Belajar Peserta didik Kelas V SD Joannes Bosco Yogyakarta. S2 thesis, UNY. document_url: http://eprints.uny.ac.id/61811/1/tesis-haryo-praptomo-14724251003.swf