<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "Pengaruh Penerapan Metode Permainan Dalam\r\nPembelajaran Seni Musik Terhadap Karakter dan Hasil Belajar Peserta didik\r\nKelas V SD Joannes Bosco Yogyakarta."^^ . "Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) mengetahui pengaruh penerapan\r\nmetode permainan dalam pembelajaran seni musik terhadap karakter dan hasil\r\nbelajar peserta didik kelas V SD Joannes Bosco Yogyakarta, (2) mengetahui\r\npengaruh penerapan metode permainan dalam pembelajaran seni musik terhadap\r\nkarakter peserta didik kelas V SD Joannes Bosco Yogyakarta, dan (3) mengetahui\r\npengaruh penerapan metode permainan dalam pembelajaran seni musik terhadap\r\nhasil belajar peserta didik kelas V SD Joannes Bosco Yogyakarta .\r\nPenelitian ini menggunakan metode penelitian eksperimen semu (quasy\r\nexperiment). Pendekatan penelitian ini adalah kuantitatif dengan desain\r\neksperimen pre-test pos-test. Sampel sejumlah 42 orang peserta didik kelas V\r\nterdiri dari 21 peserta didik kelas eksperimen dan 21 peserta didik kelas kontrol di\r\nSD Joannes Bosco Yogyakarta. Pengumpulan data dalam penelitian ini dengan\r\ncara memberikan pretest dan posttest pada kelas kontrol dan kelas eksperimen.\r\nVariabel karakter menggunakan kuisioner dan hasil belajar peserta didik\r\nmenggunakan instrument tes bernyanyi. Teknik analisis data yang digunakan\r\ndalam penelitian ini yaitu multivariate analysis of covariance (MANCOVA).\r\nHasil penelitian adalah (1) penerapan metode permainan dalam\r\npembelajaran seni musik berpengaruh terhadap karakter dan hasil belajar peserta\r\ndidik kelas V SD Joannes Bosco Yogyakarta (F hitung = 671,402 dan sig 0,000 <\r\n0,05), yang juga dipengaruhi oleh hasil belajar sebelum diberi perlakuan (F hitung\r\n= 14,025 dan sig 0,000 < 0,05). (2) Penerapan metode permainan dalam\r\npembelajaran seni musik berpengaruh terhadap karakter peserta didik kelas V SD\r\nJoannes Bosco Yogyakarta (F hitung = 135,705 dan sig 0,000 < 0,05), yang juga\r\ndipengaruhi oleh karakter sebelum diberi perlakuan (F hitung = 4,385 dan sig\r\n0,043 < 0,05). (3) Penerapan metode permainan dalam pembelajaran seni musik\r\nberpengaruh terhadap hasil belajar peserta didik kelas V SD Joannes Bosco\r\nYogyakarta (F hitung = 1285,403 dan sig 0,000 < 0,05), yang juga dipengaruhi\r\noleh hasil belajar sebelum diberi perlakuan (F hitung = 24,340 dan sig 0,000 <\r\n0,05)."^^ . "2018-10-29" . . . "UNY"^^ . . . "Program Pascasarjana, UNY"^^ . . . . . . . . . "Haryo"^^ . "Praptomo"^^ . "Haryo Praptomo"^^ . . . . . . "Pengaruh Penerapan Metode Permainan Dalam\r\nPembelajaran Seni Musik Terhadap Karakter dan Hasil Belajar Peserta didik\r\nKelas V SD Joannes Bosco Yogyakarta. (Text)"^^ . . . "tesis-haryo-praptomo-14724251003.swf"^^ . . "HTML Summary of #61811 \n\nPengaruh Penerapan Metode Permainan Dalam \nPembelajaran Seni Musik Terhadap Karakter dan Hasil Belajar Peserta didik \nKelas V SD Joannes Bosco Yogyakarta.\n\n" . "text/html" . . . "Seni Musik"@en . .