%0 Thesis %9 S1 %A Mulia, Bekti Hastuti %B Pendidikan Luar Biasa %D 2017 %F UNY:61800 %I Universitas Negeri Yogyakarta %T ANALISIS KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU NON PLB DI SLB NEGERI PEMBINA YOGYAKARTA %U http://eprints.uny.ac.id/61800/ %X Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki unjuk kinerja kompetensi pedagogik guru non PLB di SLB Negeri Pembina Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan dua pendekatan yaitu pendekatan kuantitatif untuk menganalisis kemampuan pedagogik guru non PLB di SLB Negeri Pembina Yogyakarta dan pendekatan kualitatif untuk menganalisis kendala serta upaya guru non PLB di SLB Negeri Pembina Yogyakarta dalam melaksanakan kemampuan pedagogik. Penelitian ini dilakukan di SLB Negeri Pembina Yogyakarta pada Juni 2017. Populasi dalam penelitian ini merupakan guru non PLB di SLB Negeri Pembina Yogyakarta sebayak 15 guru. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini berupa angket dan wawancara. Teknik analisis data penelitian ini menggunakan teknik analisis data deskriptif kuantitatif dan teknik analisis data kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: unjuk kinerja kompetensi pedagogik guru non PLB di SLBN Pembina Yogyakarta mayoritas dalam kategori sangat baik yaitu sebanyak 11 guru (73,3%) dan 4 guru (26,7%) berada dalam ketegori baik. Kendala yang dialami guru non PLB SLBN Pembina Yogyakarta antara lain: keberagaman karakteristik peserta didik, keterbatasan sumber belajar, kurikulum yang tidak sesuai dengan ABK, minimnya media pembelajaran untuk siswa ABK, assesment yang dilakukan tidak berjalan dengan baik, dan kesulitan berkomunikasi dengan siswa ABK. Upaya yang dilakukan guru non PLB dalam menghadapi kendala unjuk kinerja kompetensi pedagogik di SLBN Pembina Yogyakarta antara lain: pendekatan pribagi kepada peserta didik, komunikasi dengan peserta didik, penerapan kurikulum yang sesuai kebutuhan siswa ABK, melakukan assessment yang mendalam, dan mengikuti pelatihan atau diklat.